Gedung ITB Jadi Sasaran Sidak

by -93 views

Jatinangorku.com – Pengaduan warga Jatinangor perihal pembangunan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di kawasan itu direspon anggota DPRD Kab. Sumedang Dapil I (Jatinangor – Cimanggung). Langsung melakukan inspeksi mendadak ke lokasi. Sidak didasari pengaduan warga saat reses DPRD tempo hari yang menyebutkan pembangunan ITB minim sosialisasi.
Pada sidak itu, DPRD mem­pertanyakan tahapan izin pembangunan ITB. Karena, pihak Kec. Jatinangor tak mengetahui tahapan izin pembangunan salah satu perguruan tinggi negeri itu.
Sidak yang dilakukan DPRD tersebut sempat diwarnai kericuhan, pasalnya staf yang bertugas di lapangan terkesan tidak menyambut dengan baik kehadiran tim yang datang dengan tiba-tiba itu.
Bahkan, salah seorang warta­wan yang aktif melakukan pe­liputan di Sumedang, sempat dibentak salah seorang staf ITB ketika melakukan tugas jurnalis.
Staf ITB, Nina mengaku tak memiliki kewenangan untuk memberikan keterangan terhadap dewan pada kunjungan itu.
“Saya hanya staf dan pimpinan ITB sedang rapat di Bandung,” katanya.
Melihat kondisi tersebut, semua peserta sidak menganggap staf ITB menghambat kinerja dewan selain Jurnalis. Pantauan wartawan, salah seorang anggota dewan dari PDIP, Dadang Rohmawan terlihat naik pitam ketika melihat kunjungannya ‘dihare-harekeun’.
“Kami ke sini dalam rangka tugas dan sifatnya resmi, bukan main-main,” kata Dadang.
Ia mengaku tak nyaman ketika menilai kehadiran dewan serta Muspika di sana tak disambut baik oleh civitas akademika ITB.
Bahkan, kata dia, kondisi seperti itu membuat tak nyaman semua dewan. Persoalan itu, kata dia, akan dibahas ke gedung dewan. “Kami dewan yang juga warga Jatinangor. Hargailah maksud dan tujuan kedatangan dewan dalam reses itu,” ucapnya.
Sementara, staf ITB enggan dimintai komentar ketika dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan.
Turut hadir dalam sidak, Muspika Jatinangor, Ormas dan warga Jatinangor. Sejum­lah anggota DPRD Dapil 1 pun hanya diwakili Deden Doni (Komisi C), Rita Pondesta (Komisi A) selain Dadang Rohmawan.
Sebelumnya, dewan meng­hentikan aktivitas pembangunan salah satu gedung galeri foto di Jalan Raya Jatinangor yang diduga pembangunan tersebut menyalahi aturan.

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/