Gedung Negara Sumedang Ditata, Tembok Gerbang Diratakan

by -229 views

Gedung Negara Sumedang Ditata, Tembok Gerbang Diratakan

Jatinangorku.com – Pemkab Sumedang melakukan penataan di kawasan Gedung Negara di Jln. Prabu Geusan Ulun dan kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) di Jln. Prabu Gajah Agung/Bypass, Sumedang. Penataan kawasan Gedung Negara, di antaranya dengan membongkar bangunan lama tembok gerbang masuk ke Gedung Negara. Pembongkarannya sudah dilakukan Senin (23/6/2014) lalu menggunakan alat berat backhoe hingga rata dengan tanah.

“Penataan selanjutnya, pagar besi di samping kantor DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) akan diganti dengan pagar tembok. Hal itu supaya sama dan selaras dengan pagar tembok di samping pos jaga Satpol PP,” kata Kabag Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kab. Sumedang, Syarif Effendi Badar ketika ditemui di ruang kerjannya di kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang, Jln. Prabu Gajah Agung/Bypass, Sumedang, Kamis (26/6/2014).

Menurut dia, bangunan lama tembok gerbang masuk ke Gedung Negara sengaja dibongkar, supaya lahan parkir di depan gerbang lebih luas. Bangunan lama dibongkar, diganti dengan yang baru di belakangnya. Selain untuk lahan parkir, juga bisa digunakan untuk memasang panggung dalam berbagai acara seremonial di depan Gedung Negara. Sebelumnya, setiap gelaran acara seremonial selalu memakai badan Jalan Prabu Geusan Ulun.

“Kalau ada acara seremonial lagi, bisa di lahan parkir bekas pembongkaran,” tutur Syarif.

Ditanya apakah bangunan lama tembok gerbang itu salah satu cagar budaya, ia mengatakan, tembok gerbang tersebut bukan bangunan cagar budaya, melainkan bangunan lama yang dibangun sewaktu zaman Bupati Sumedang Sutarja (1988-1993). “Yang termasuk cagar budaya, seperti Gedung Negara, Sri Manganti dan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Sumedang,” katanya. 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/