Gempa Susulan Kembali Dirasakan, BPBD Garut Pastikan Kondisi Aman

by -49 views

 

 

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Zakaria, menegaskan, lokasi gempa berada di laut yang berada diantara Kecamatan Caringin dan Cisewu. Namun menurutnya, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Gempanya tidak berpotensi tsunami. Kami sudah memasang alat pendeteksi dini tsunami (Early Warning System) sebanyak delapan unit yang disebar di tujuh kecamatan di pesisir Pantai Selatan Garut,” ujarnya, Rabu (6/4/2016) malam.

Menurut Dadi, hingga sejuah ini pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan atau korban jiwa yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Sejauh ini masih kondusif. Meskipun guncangannya dirasakan cukup kencang, namun belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa dampak dari gempa bumi ini,” katanya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Garut, AKP Ridwan Tampubolon, mengatakan, jajaran Polsek Polres Garut, terutama yang berada di wilayah selatan terus melakukan pemantauan pasca terjadinya gempa 6,1 skala richter di barat daya Garut tersebut.

“Anggota Polsek masih terus melakukan patroli mobile, untuk
memantau situasi pasca gempa yang terjadi barusan,” katanya.

Ridwan menambahkan, gempa susulan kembali dirasakan warga Kecamatan Cibalong sekitar pukul 22.23 WIB. Selain itu, lanjutnya, gempa juga dirasakan warga di Kecamatan Pameungpeuk, Cikelet, Caringin dan Cisewu.

“Tadi kita menerima laporan ada gempa susulan. Tapi sedang dipastikan lagi kebenarannya,” katanya.