GITET Bergeser Warga Tuntut Kompensasi

by -28 views

GITET Bergeser Warga Tuntut Kompensasi

Jatinangorku.com – Sejumlah warga yang menjadi korban pergeseran gardu induk tegangan ekstra tinggi (GITET), saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET), dan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) yang tersebar di sejumlah desa di Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang mengaku kecewa karena belum menerima kompensasi dari dinas terkait. Mereka pun menuntut kompensasi segera dibayarkan.

Mereka menilai sejumlah pihak terkait tidak konsekuen dengan komitmen pada pertemuan yang membahas kerugian para korban.

“Sebelumnya, pihak PLN akan menyelesaikan permasalahan dengan masyarakat yang menjadi korban pemasangan GITET, SUTET, dan SUTT itu sebelum Idulfitri lalu. Namun hingga saat ini, belum ada penyelesaian. Sehingga banyak yang mempertanyakannya,” kata perwakilan masyarakat Kec. Cimanggung, Dedi Supriatna kepada “GM” di Cimanggung, Sabtu (24/8).

Dalam rencana sebelumnya, PLN tidak akan melakukan aktivitas atau penarikan kabel SUTT 150 KV sebelum persoalan dengan masyarakat tuntas. Sehingga pihak PLN berencana menyelesaikan dulu permasalahan dengan warga sebelum pengerjaan dilanjutkan.

“Rencananya penyelesaian akan dilakukan setelah warga mengadakan pertemuan dengan perwakilan PLN di Aula Kantor Camat Cimanggung yang juga dihadiri jajaran Muspika Cimanggung pada 3 Juni lalu,” katanya.

Menurutnya, pihaknya kesulitan menghubungi pejabat publik PLN. “Kami kesulitan menghubungi pejabat publik tersebut. Persoalan yang terus tertunda ini kami nilai karena PLN tidak ada itikad baik untuk menyelesaikannya,” katanya.

Dedi mengaku akan melakukan langkah-langkah berikutnya. Pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan korban pembangunan GITET, SUTET, dan SUTT. “Soalnya, mereka memiliki hak yang sama di mata hukum,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com