GREENATTE, ‘Be Green, Be Creative’ ala Anak Muda

by

avatjatinangorku.com – Dewasa ini, bumi semakin mengalami kerusakan. Manusia tidak dapat menutup mata dengan perubahan iklim yang tidak menentu, pemanasan global, dan berbagai bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia. Hal-hal tersebut merupakan tanggung jawab manusia sendiri. Untuk itu, diperlukan gaya hidup hijau yang mulai diberlakukan dari diri sendiri.

Kini, upaya-upaya pergerakan menuju tatanan aspek kehidupan yang lebih harmonis dengan alam telah dilakukan oleh beberapa orang di berbagai tempat. Sayangnya, kurang tereksposnya gerakan-gerakan untuk bumi tersebut membuat gerakan itu kurang ‘membumi’. Hal itu yang kemudian menjadi salah satu penyebab gerakan-gerakan yang ada terlihat belum memberikan dampak signifikan dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Momentum hari-hari yang memiliki konsentrasi terhadap lingkungan hidup, seperti Hari Bumi, yang diadakan pada 22 April, juga belum memberikan dampak yang cukup kuat bagi perubahan untuk bumi yang lebih baik. Anggota kelas Humas C 2010 Fikom Unpad pun sadar akan hal itu. Tidak hanya sadar, mereka pun beraksi dan membuat sebuah gerakan yang dinamai GREENATTE. Kontribusi mereka atas kerusakan lingkungan disalurkan melalui kegiatan yang diharapkan dapat menambah kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan dampak negatif dari kerusakan lingkungan.

Tetapi, bagaimana caranya mengajak orang-orang, terutama anak muda, yang dianggap sebagai agen perubahan, untuk ikut serta dalam aksi penyelamatan lingkungan?

Ranandy Haidirmaja Syams, ketua panitia dari GREENATTE menjelaskan, “Gue dan teman-teman membuat GREENATTE didasari oleh keinginan mengajak orang-orang untuk go green tetapi dengan cara yang kreatif. Soalnya kita sebagai anak muda lebih bisa mengembangkan kreativitas ke arah yang lebih baik.”

Kreativitas pun telah menjadi bentuk sajian yang menarik untuk mengkampanyekan isu global yang dinilai meresahkan dan harus segera ditindaklanjuti bersama, yaitu isu kerusakan lingkungan.

“Kami ingin menyuarakan ide dan semangat kreatif untuk pelestarian lingkungan. Apalagi GREENATTE ini merupakan paduan konsep GREEN dan CREATIVE yang kami rasa perlu diangkat supaya dapat mengajak anak muda turut serta,” tambahnya lagi.

GREENATTE pun telah mencoba beraksi untuk penyelamatan lingkungan, bagaimana dengan Anda?

Info: Twitter: @GREENATTE

081320013153

###