Gunakan Kurikulum 2013 Disdik Minta Bantuan Pemkab

by -29 views

Gunakan Kurikulum 2013 Disdik Minta Bantuan Pemkab

Jatinangorku.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang meminta perhatian dari pemkab jelang penerapan kurikulum 2013 yang diinstruksikan Kementerian Pendidikan Nasional secara serentak di seluruh sekolah pada tahun ajaran baru.

Disdik meminta pemkab mengalokasikan dana untuk pendampingan atau keberlangsungan pelaksanaan kurikulum 2013 di Sumedang.

“Setelah kurikulum 2013 itu nanti diterapkan pada tahun ajaran 2014/2015, Pemkab Sumedang tentu harus memperhatikan keberlangsungannya agar tetap lancar dan berhasil, mengingat pelatihan dan pendidikan yang diberikan pemerintah pusat sangat terbatas dan tidak akan menjamin guru-guru langsung bisa mengaplikasikannya,” kata Kasi Mutu Pendidik Dinas Pendidikan Sumedang Edi Suwardi, Senin (23/6/2014).

Menurut Edi, dana tersebut digunakan untuk menindaklanjuti pendidikan dan pelatihan guru soal kurikulum yang semula diadakan langsung oleh pemerintah pusat. Diklat ini harus secara kontinu dilakukan agar pelaksanaannya berlangsung lancar.

Jika tidak, guru yang hanya menerima diklat selama lima hari ini tak cukup mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Diklat dari pusat itu sangat terbatas, cuma beberapa hari saja dan sangat tidak menjamin bahwa materi dapat terserap dan teraplikasikan ke murid melalui cara belajar mengajarnya,” kata Edi.

Selain itu, sarana pendukung seperti alat ajar berupa buku belum dapat dipastikan akan diterima Sumedang dengan tepat waktu. Dalam proses ini, Edi menilai perlu ada pendampingan di tingkat kabupaten agar semuanya berjalan lancar. Paling tidak, lanjut Edi, pemkab antuasias menyambut kurikulum 2013 ini.

Namun, hingga saat ini, belum ada respon positif dari pemkab terkait hal ini. Dinas ini berharap pada anggaran perubahan 2014 nanti, segera dilakukan alokasi dana ini meningat kurikulum 2013 dipastikan sudah diterapkan di hampir seluruh tingkatan sekolah di Sumedang

Sumber : http://www.inilahkoran.com/