H-3 PKL Kahatex Harus Bersih

by -22 views

H-3 PKL Kahatex Harus Bersih

Jatinangorku.com – Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan menegaskan, para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal di jalur Jalan Raya Bandung-Garut, persisnya di depan PT Kahatex hingga H-3 Lebaran atau Jumat (25/7) harus bersih dari PKL.

“Jika masih ada PKL di depan PT Kahatex, kami tertibkan lagi,” kata Ahmad kepada wartawan di gerbang pintu Tol Cileunyi, Kab. Bandung, Rabu (23/7).

Sebelumnya para PKL di depan PT Kahatex sempat ditertibkan tim gabungan Satpol PP Provinsi Jabar, Kab. Sumedang dan Kab. Bandung, Senin (21/7).

“Kami targetkan H-3 tidak ada lagi PKL pada saat puncak mudik Lebaran,” harapnya.

Menurutnya, PKL di jalur mudik itu sudah menjadi perhatian khusus pemerintah. Pemerintah berharap para PKL tidak berjualan di badan jalan yang berpotensi mengganggu ketertiban lalu lintas.

“Masih bertahannya PKL di jalur jalan itu, karena kenakalan pedagang,” katanya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Sumedang, Bambang Rianto mengatakan, penertiban PKL untuk memperlancar arus mudik Lebaran sejalan dengan meningkatnya volume kendaraan.

“Penertiban PKL di depan PT Kahatex, sesuai dengan perintah Bupati Sumedang,” katanya.

Menurut Bambang, potensi kemacetan kendaraan yang disebabkan para pedagang tak hanya di jalur Bandung-Garut, tapi juga di jalur Tanjungsari.

“Potensi titik rawan kemacetan itu di wilayah Pasar Tanjungsari. Kami juga turut membantu jajaran Polsek Tanjungsari memperlancar arus mudik,” katanya.

Dikatakannya, Satpol PP berusaha untuk terus berkoordinasi dengan koordinator para PKL atau pemilik lapak untuk melakukan tindakan persuasif agar PKL tidak berjualan di badan jalan.

“Tidak ada toleransi bagi pedagang yang menempati badan jalan. Kami akan membogkarnya. Kami tidak melarang mereka berjualan untuk mencari nafkah, tetapi kami harap mereka pun menghormati hak orang lain. Kehadiran mereka jangan sampai mengganggu kemanan, ketertiban dan keindahan lingkungan serta tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Para pemudik juga punya hak untuk lancar,” tegasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/