Habibie Perkenalkan Rancangan Pesawat R80 ke Jabar

by -28 views

Jatinangorku.com – Mantan Presiden Republik Indonesia, BJ Habibie memperkenalkan rancangan pesawar R80 ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pesawat tersebut akan dirakit di PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Perkenalan pesawat tersebut tertuang dalam pertemuan antara BJ Habibie dan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (10/9/2014).

“Sekarang kita mengembangkan pesawat R80. Yang artinya itu pesawat regional 80. Pesawat tersebut merupakan pengembangan dari N250,” tutur Habibie kepada wartawan seusai pertemuan.

Menurut dia, pesawat tersebut didesain dengan canggih. Kapasitas pesawat itu lebih besar ketimbang B250. Habibie menargetkan pesawat tersebut rampung pada 2018 mendatang.

“Ini lebih canggih dari N250. Ditargetkan 2018 sudah selesai. Setahun kemudian dapat serttfikasi kelayakan udara,” tutur Habibie seraya menuturkan kapasitas penumpang tersebut sekitar 80-90 penumpang.

Pembuatan inovasi pesawat dengan badan besar ini dipicu dengan pertumbuhan serta permintaan masyarakat akan moda transportasi udara. Habibie mencatat pembelian tiket pesawat terbang ini terus meningkat pada 10 tahun terakhir mencapai 19,6 persen per tahunnya.

“Oleh karena itu kita butuh pesawat terbang,” tutur dia.

Secara statistik, lanjut Habibie, jumlah tiket pesawat harus disediakan 3 kali lipat dari jumlah penduduk. Habibie mencontohkan pembuatan tiket di Amerika Serikat.

“Di AS pembuatan tiket kurang lebih 1 miliar per tahun. Di Indonesia juga kita kalikan tiga kali 250 juta penduduk. Oleh karena itu pertumbuaannya besar sekali,” tutur dia seraya menambahkan, dengan adanya pesawat tersebut membuka lapangan kerja bagi putra-putri berbakat Indonesia

Sumber : http://www.inilahkoran.com/