Habibie: Tiga Dasar Peradaban Indonesia

by -23 views

Habibie: Tiga Dasar Peradaban Indonesia

jatinangorku.com – Sebagai bangsa yang besar, menurut mantan presiden B.J. Habibie Indonesia memiliki lebih dari 350 kelompok etnik. Etnis Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah etnis terbesar dengan proporsi sekitar 40%. Berikutnya adalah etnis Sunda dengan 16% dan yang lainnya kecil-kecil sekitar 4%. Demikian ujar pria yang lahir di Parepare 1936 lalu itu saat menutup Kongres Diaspora Indonesia ke-2 semalam.

Dengan keanekaragaman tersebut, Habibie menilai tidak ada yang aneh bila orang Indonesia menggunakan Bhinneka Tunggal Ika. Meski begitu, ia mengatakan tidak pernah ada budaya Indonesia. “Apakah ada budaya Indonesia? Jawabannya tidak. Dari Sabang sampai Merauke memiliki budaya yang berbeda-beda. Yang harus diupayakan oleh manusia Indonesia adalah peradaban Indonesia,” kata Habibie yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa peradaban yang baik harus mengacu pada tiga pilar utama, yaitu budaya, agama, dan pengertian serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga pilar tersebut mendukung satu sama lain. Budaya dan agama yang tidak disertai dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan rapuh. Oleh karenanya, peradaban Indonesia harus dibangun secara bersama-sama dan membutuhkan kerja kolektif dari segenap elemen bangsa.

Sumber : http://the-marketeers.com