Hadapi Lebaran, Asosiasi UMKM Minta Bantuan Modal

by -86 views

Hadapi Lebaran, Asosiasi UMKM Minta Bantuan Modal

Jatinangorku.com – Memasuki bulan puasa menjelang lebaran, membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berharap-harap cemas. Butuh modal untuk memenuhi pesanan selama puasa.

Biasanya setiap puasa, mereka tidak memungkiri adanya lonjakan permintaan pesanan produk mereka terutama makanan kecil. Namun, terbatasnya modal sangat menjadi kendala. Apalagi, modal yang dibutuhkan sangatlah besar.

“Pesanan memang meningkat bahkan hingga tiga kali lipat, tapi hampir semua anggota tidak bisa memenuhi pesanannya karena modal terbatas,” kata Yaya Witarsa, Ketua Asosiasi UMKM Sumedang, Minggu (29/6/2014).

Karenanya, asosiasi menginginkan adanya bantuan dana saat jelang lebaran. Menurut Yaya, hal ini pernah dibicarakan dengan dinas terkait sebagai pelindung UMKM. Namun, sumber dananya tidak ada.

Meski demikian, beberapa program dari dinas terkait memang telah menggelontorkan banyak bantuan baik berupa dana segar ataupun peralatan produksi. Bantuan ini memang tidak diberikan saat jelang lebaran.

Yaya menambahkan, asosiasi akan berupaya untuk mengalihkan bantuan dana tersebut saat jelang lebaran agar pembelian bahan baku dapat segera dilakukan.

Dijelaskan Yaya, beberapa bahan baku untuk produksi usahanya memang tidak bisa disetok sejak jauh hari karena akan menurunkan kualitas produk.

Di sisi lain, Yaya juga mengakui jika manajemen yang buruk membuat para pelaku UMKM harus selalu menyediakan modal setiap ada pesanan.

“Beberapa pelaku UMKM memang selalu butuh modal tambahan untuk pesanan lebaran. Tapi kalau manajemen keuangannya baik, mereka ada juga yang bisa menyisihkan pendapatannya untuk modal pesanan yang membeludak saat jelang lebaran,” papar Yaya.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/