Hal-Hal Yang Dapat Merusak Rambutmu Setiap Hari

by -7 views
Hal-Hal Yang Dapat Merusak Rambutmu Setiap Hari
Hal-Hal Yang Dapat Merusak Rambutmu Setiap Hari

Hal-Hal Yang Dapat Merusak Rambutmu Setiap Hari

Jatinangorku.com – Tanpa disadari, perawatan yang Anda lakukan tidak selalu baik dan memberi manfaat positif bagi rambut. Siapa sangka kalau ada beberapa hal yang malah meningkatkan kerusakan rambut.

Beberapa hal berikut, seperti dilansir Yahoo Shine dapat merusak rambut. Ciri kerusakan tersebut di antaranya adalah batang rambut yang sangat kering, rambut bercabang, rambut kehilangan kilaunya, berketombe, dan cepat tumbuh uban.

Mencuci rambut terlalu sering

Musuh rambut yang sebenarnya adalah shampo. Shampo yang digunakan dalam porsi dan aturan yang sesuai akan membantu membersihkan rambut. Tetapi bila salah penggunaan atau porsi yang digunakan berlebihan, maka ia akan membuat rambut kering, bahkan rusak.

Cara mencuci rambut

Mencuri rambut yang benar adalah dengan membiarkan air mengalir turun, bukan dengan memiringkan kepala karena residu bisa tertinggal lagi di rambut. Air yang digunakan juga harus cukup agar sisa-sisa residu dapat dibilas dan tidak mengendap pada batang rambut atau kulit kepala.

Penggunaan air

Suhu airpun harus diperiksa, hindari terlalu sering menggunakan air panas untuk keramas karena akan membuat kondisi rambut jadi kehilangan kelembabannya. Selalu pastikan untuk mengakhiri membilas rambut dengan air dingin agar rambut tetap terjaga kelembaban dan kelembutannya. 

Tidak menggunakan kondisioner

Sepertinya sepele, namun kondisioner memiliki manfaat yang tak kalah penting dibanding shampo. Kondisioner akan membantu mengunci warna dalam pewarnaan rambut, serta melindungi rambut agar tetap lembab, lembut dan tidak kehilangan kilaunya walaupun terpapar sinar matahari, AC, styling tools dan lain sebagainya.

Kondisioner yang disarankan adalah jenis leave-in di mana ia tidak akan membuat rambut kehilangan kelembaban dalam waktu yang lebih lama.

Penggunaan styling tools

Tak dipungkiri, karena waktu dan penampilan, Anda membutuhkan bantuan penggunaan styling tools, baik itu pengering rambut atau curling dan flat iron. Menggunakan styling tools dapat menyebabkan problem tersendiri pada rambut apabila Anda tidak memberikan perlindungan ekstra serta kurang cermat memakainya.

Produk perawatan

Disarankan agar menggunakan produk perawatan yang lengkap untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Hanya puas dengan shampo dan kondisioner saja akan membuat rambut Anda rapuh dan lekas rusak. Anda masih harus tetap mencukupinya dengan perawatan dari masker, serum, atau produk perawatan rambut lainnya.

Sering terpapar sinar matahari 
Rambut yang seringkali terpapar sinar matahari tanpa mendapat perlindungan akan lebih cepat pudar dan kering. Rambut juga akan terlihat kasar serta kusam. Inilah salah satu penyebab rambut Anda tidak berkilau seperti rambut wanita lain pada umumnya.

Adalah penting untuk memberikan rangkaian perawatan yang memanjakan rambut apabila Anda memang mendambakan memiliki rambut indah. Selain itu, cukupi pula kebutuhan air minum serta nutrisi dari sayuran dan buah-buahan

Sumber : http://www.vemale.com/