Haraga Cabai Merah Makin Pedas, Kiriman Kurang

by -93 views

Jatinangorku.com – Memasuk hari ke empat Ramadan, harga cabai merah yang dijual disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sumedang, makin pedas. Hal itu mengingat jenis bumbu dapur ini, harganya terus melejit dari Rp 40.000/kg awal Ramadan, kini sudah tembus sampai Rp 50.000/kg.

Berdasarkan hasil pantauan harga di Pasar Inpres Sumedang, Minggu (21/6/2015). Kenaikan harga juga diikuti, cabai keriting dari Rp 25.000/kg naik jadi Rp 30.000/kg, cabai rawit menjadi Rp 29.000/kg dari sebelumnya Rp 24.000/kg. Sementara daging ayam potong, dari Rp 32.000/kg jadi Rp 36.000/kg, daging sapi naik 10.000/kg atau menjadi Rp 100.000 dari harga sebelumnya.

“Pokoknya semua barang sudah pada naik. Termasuk gula pasir, terigu, minyak goreng dan sayuran. Rata-rata kenaikannya berkisar Rp 1.500-Rp 3.000/kg,” kata Umar, pedagang di Pasar Inpres.

Menurutnya, pasokan barang terutama cabai merah dan keriting, mulai berkurang. Disisi lain, permintaannya terus meningkat. “Sekarang yang banyak diburu cabai merah dan cabai keriting. Sayang pasokannya mulai menurun. Selain itu, kalaupun ada barang yang masuk, harga dari pemasoknya cenderung naik,” ujarnya.

Terjadinya kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) selama Ramadan, dikeluhkan para pedagang. Pasalnya, untuk memperoleh barang, mereka harus merogoh kocek buat tambahan modal.

“Ya, kalau tidak ada tambahan modal, bagaimana kami bisa mendapatkan barang. Jadi mau tidak mau untuk memiliki stok barang dalam jumlah cukup, terpaksa kami harus cari tambahan modal. Dan kebanyakan dari pedagang, termasuk saya tambahan modal itu diperoleh dari dana pinjaman. Nanti, setelah Lebaran, utang itu baru akan dilunasi,” ujarnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/