Harga Daging Sapi Naik Lagi

by -37 views

Harga Daging Sapi Naik Lagi

Jatinangorku.com – Sementara perhatian media tertuju pada kenaikan harga kedelai, tak banyak yang sadar bahwa harga daging sapi di pasaran kembali merangkak naik. “Harga daging di pasar-pasar Jabodetabek sudah naik dari Rp 90 ribu ke Rp 95 ribu,” kata Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi saat dihubungi, Jumat 13 September 2013.

Menurut Asnawi, kenaikan itu terjadi akibat berkurangnya pasokan sapi hidup di rumah pemotongan hewan. Dengan begitu, harga sapi bobot hidup plus karkas (daging dan tulang) pun naik.

Asnawi menyatakan, bobot sapi hidup di rumah potong hewan telah naik dari Rp 31-32 ribu per kilogram menjadi Rp 35-36 ribu per kilogram. Sementara harga karkas juga mengalami kenaikan dari Rp 69 ribu menjadi Rp 72 ribu per kilogram.

Ia mengungkapkan, kenaikan harga daging sapi terjadi bertahap sejak dua pekan lalu. Saat itu, pemerintah mulai mmengubah batasan impor daging sapi dari sistem kuota menjadi harga referensi. Peraturan itu ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 46 tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pertanian nomor 86 tahun 2013.

“Harga referensi daging sapi jenis potongan sekunder ditetapkan sebesar Rp 76 ribu per kilogram,” kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam jumpa pers, Selasa pekan lalu. Artinya, jika harga daging sapi di tingkat retail di atas Rp 76 ribu per kilogram, keran impor akan dibuka. Sebaliknya jika turun di bawah harga yang ditetapkan, impor akan dihentikan.

 

Dengan berlakunya sistem tersebut, pemerintah juga otomatis menghentikan impor sapi siap potong yang sebelumnya diterapkan untuk stabilisasi harga daging saat Lebaran. “Padahal kebijakan ini cukup efektif, saya kira penghapusannya terlalu cepat,” kata Gita.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com