Harga Emas Masih Turun

by -72 views

Harga Emas Masih Turun

Jatinangorku.com – Sejak bank sentral Amerika, Federal Reserve, menyatakan berencana ingin memangkas stimulus moneter, harga emas hingga hari ini masih tertekan. Padahal, kebijakan tersebut tidak jadi dilakukan.

Pada perdagangan hari ini di Singapura, Senin (23/9), data menyebutkan, harga emas untuk pengiriman segera turun 0,9 persen, menjadi US$ 1.313,69 per troi ons. Sedangkan di New York, harga untuk pengiriman Desember ikut turun 0,9 persen, menjadi US$ 1.320.

“Pasar tampaknya masih merasakan bahwa kebijakan pengurangan stimulus moneter bakal terjadi,” ujar David Lennox, analis bursa komoditas. “Ini akan membuat harga emas masih bergejolak.”

Sepanjang 2008-2011, harga emas sudah naik 70 persen, sejalan dengan kebijakan bank sentral Amerika yang mengeluarkan kebijakan stimulus moneter. Banjirnya dolar di pasar akibat pembelian surat utang itu, membuat para investor berupaya menyelamatkan asetnya lewat investasi emas.

Tapi kini, suasananya sudah berubah. Para investor memilih bursa saham untuk membiakkan dananya, ketimbang “menganggur” di emas.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com