Harga Telur Tinggi Pedagang pun Resah

by -49 views

Harga Telur Tinggi Pedagang pun Resah

Jatinangorku.com – Para pedagang telur di pasar tradisional mulai resah. Pasalnya, harga telur ayam saat ini masih tinggi. Hal itu mengakibatkan penjualan telur mengalami penurunan signifikan.

“Sejak Lebaran, harga telur ayam masih tinggi, rata-rata Rp 19.000 sampai Rp 20.000/kg,” jelas Irma, pedagang telur ayam di Pasar Kosambi Bandung, Jumat (6/9).

Menurutnya, tingginya harga telur ayam sangat berpengaruh terhadap penjualan yang turun hingga 30% akibat melemahnya daya beli masyarakat. “Penjualan menjadi sepi. Sekarang turun sekitar 30%, dari biasanya sekitar 3 kuintal per hari menjadi 2 kuintal,” jelasnya.

Dikatakannya, harga telur ayam disinyalir akan tetap bertahan di kisaran Rp 19.000 sampai Rp 20.000/kg. Apalagi saat ini masyarakat pun dihadapkan pada Iduladha di bulan Oktober mendatang. Biasanya menjelang momen tersebut harga telur cenderung mengalami kenaikan.

“Mungkin harganya akan tetap bertahan di kisaran Rp 20.000/kg, kalaupun turun biasanya itu hanya sesaat saja,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ajang, pedagang kelontong di Pasar Palasari Bandung. Menurutnya, saat ini harga telur ayam memang masih Rp 19.000-Rp 20.000/kg. Menurutnya, dari Lebaran hingga sekarang harga telur ayam belum mengalami perubahan yang berarti.

Tidak hanya telur ayam, harga daging ayam pun melambung tinggi. Seperti diungkapkan Danny, pedagang daging ayam di Pasar Ancol Bandung. Menurutnya, saat ini harga daging ayam sudah mencapai Rp 35.000/kg sehingga sangat meresahkan pedagang karena penjualan menurun.

“Karena harga tinggi, yang beli pun sepi. Oleh karena itulah kita harapkan pemerintah melakukan stabilisasi harga daging ayam,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com