Harga Tembakau Olahan Murah

by -293 views

Harga Tembakau Olahan Murah

Jatinangorku.com – Sejumlah petani dan pengolah tembakau di Kec. Sukasari dan Tanjungsari, Kab. Sumedang dibuat bingung oleh murahnya harga jual tembakau olahan. 

Harga per dua puluh ikatnya saat ini Rp 200 ribu. Sementara daun tembakau untuk hasil sebanyak itu harganya tak beda jauh dengan harga tembakau olahan.

Dadang Kurnia (38), pengolah tembakau, warga Desa/Kec. Sukasari kepada wartawan, Sabtu (28/9) membenarkan, sejumlah petani dan pengolah tambakau kini kebingungan.

“Gagal panen akibat musim kemarau kerap menjadi alasan petani menjual mahal daun tembakau. Bahkan ada yang kini beralih menanam palawija,” katanya.

Menurut Dadang, kondisi tersebut jelas membuat pengolah keteteran karena tidak seimbangnya harga beli dan jarga jual.

Didampingi petani tembakau lainnya, Bobon (36), Dadang mejelaskan, untuk memperoleh daun tembakau, para pengolah harus berburu hingga ke Majalengka dan Garut. “Kami pun terpaksa menguras biaya tambahan seperti ongkos transportasi dan produksi,” ujarnya.

Kini pengolah tembakau di Kec. Sukasari dan Kec. Tanjungsari lebih memilih tidak berproduksi daripada harus merugi. “Kendati sebagian pengolah berproduksi, hanya menghabiskan stok.” terangnya.

Pantauan di lapangan, pasar tembakau di Kecamatan Tanjungsari minim pengunjung. Tersendatnya pasokan tembakau olahan saat ini dipicu tidak stabilnya harga.

Sumber : http://klik-galamedia.com/