Hasil “Rapid Test” 6 Karyawan Kahatex Reaktif, Wabup Sumedang Minta Buruh Dirumahkan

by -46 views
Hasil Rapid Test 6 Karyawan Kahatex Reaktif, Wabup Sumedang Minta Buruh Dirumahkan
Hasil Rapid Test 6 Karyawan Kahatex Reaktif, Wabup Sumedang Minta Buruh Dirumahkan

Hasil “Rapid Test” 6 Karyawan Kahatex Reaktif, Wabup Sumedang Minta Buruh Dirumahkan – Wakil Bupati (Wabup) Sumedang H Erwan Setiawan meminta PT Kahatex merumahkan sementara buruh yang bekerja di pabrik di Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selain itu, Erwan juga mewajibkan buruh untuk menggunakan masker. Diketahui, ada sekitar 45.000 buruh yang bekerja di pabrik PT Kahatex di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Permintaan ini disampaikan Erwan menyusul adanya 6 karyawan PT Kahatex di Kabupaten Sumedang yang hasil rapid test-nya reaktif.  Permintaan Erwan ini disampaikannya saat bertemu direksi PT Kahatex, Senin (6/4/2020).

Hasil “Rapid Test” 6 Karyawan Kahatex Reaktif, Wabup Sumedang Minta Buruh Dirumahkan

“Karyawan yang dari luar daerah Sumedang, terutama dari daerah zona merah untuk dirumahkan dahulu, atau tinggal di mess PT Kahatex, ini supaya semua karyawan terpantau,” ujar Erwan kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Senin (6/4/2020).

Saat berkunjung ke pabrik Kahatex, Erwan juga meminta seluruh karyawan atau buruh menggunakan masker. “Penggunaan masker untuk seluruh buruh tak terkecuali wajib dilakukan. Ini juga sesuai dengan arahan pemerintah pusat,” tutur Erwan.

Erwan menyebutkan, untuk 6 karyawan yang terindikasi positif berdasarkan hasil rapid test diharapkan melakukan isolasi mandiri secara konsisten hingga hasik test swab diketahui. “Untuk seluruh buruh, saya juga mengimbau ikuti seluruh anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona. Jaga pola makan, terapkan pola hidup bersih dan sehat,” kata Erwan. 

Rapid test merupakan teknik pengetesan keberadaan antibodi terhadap serangan kuman di dalam tubuh. Hasil rapid test tak boleh dan tak bisa digunakan secara mandiri untuk mengonfirmasi keberadaan atau ketiadaan infeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di dalam tubuh. Untuk mengonfirmasi keberadaan virus corona secara akurat dalam tubuh seseorang harus dilakukan test swab dengan meteode PCR (polymerase chain reaction). 

Hasil tes dari rapid test adalah reaktif (ada reaksi terhadap keberadaan antibodi) atau non-reaktif (tidak ada reaksi terhadap keberadaan antibodi). Jika Anda sempat membaca hasil rapid test adalah positif atau negatif, harus dimaknai sebagai positif atau negatif terhadap keberadaan antibodi dalam tubuh, bukan positif atau negatif terhadap keberadaan virus corona penyebab Covid-19. 

sumber: kompas

Baca juga: