Hati Hati, Longsor Kecil Mewarnai Jalan Cadas Pangeran

by -39 views

Jatinangorku.com – Akibat masih tingginya intensitas hujan , sejumlah longsor kecil masih mewarnai sepanjang tebing Jalan Cadas Pangeran di Kab.Sumedang.

“Kami tidak henti-hentinya untuk mengimbau dan mengingatkan masyarakat, agar selalu waspada saat melintas di kawasan Jalan Cadas Pangeran. Sebab di lokasi tersebut, masih ditemukan longsor dan ancaman pohon tumbang,” kata Bupati Sumedang, H.Ade Irawan, kepada galamedianews.com, Kamis (29/1/2015), di Gedung Negara.

Disebutkan Ade, meski longsor yang terjadi di Kawasan Cadas Pangeran dalam skala kecil. Namun begitu, kejadian tersebut, sering menggangu arus lalu lintas. Apalagi, jika longsoran tanah dan bebatuan yang meluncur dari atas tebing, sampai ke badan jalan.

“Walau volume longsoran skalanya kecil, tetap saja dampaknya dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan membahayakan pengguna jalan,” katanya.

Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat yang berada di daerah rawan longsor, disekitar kawasan Cadas Pangeran. Seperti, masyarakat yang bermukim di Dusun Singkup Desa Ciherang Kec.Sumedang Selatan dan sekitarnya, agar senantias meningkatkan kewaspadaan. Terlebih dari hasil riset institusi terkait, kawasan tersebut dinilai tidak layak untuk dijadikan permukiman, karena berada di daerah rawan longsor dan pergerakan tanah ambles.

“Fenomena alam yang terjadi, seperti bencana longsor, tanah ambles dan banjir, ada korelasinya dengan terjadinya instensitas hujan yang tinggi. Untuk itu, mengingat hingga saat ini instensitas hujan relative tinggi, dan diprediksikan puncaknya akan terjadi pada bulan Pebruari, maka masyarakat diimbau untuk mewaspadai gejala fenomena alam yang terjadi disekitarnya,” ujarnya

Sumber : http://www.galamedianews.com/