Hentikan Ekploitasi Sungai Cimande

by -131 views

Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Komando Pejuang Merah Putih Cimanggung, Jaelani menuding beberapa perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Cimanggung menggunakan air Sungai Cimande untuk kepentingan komersial.

Padahal, kata Jaelani, para petani dan warga sekitar sangat membutuhkan air tersebut. Apalagi saat kemarau tiba warga masyarakat sekitar Desa Cihanjuang justru ramai-ramai memanfaatkan air dari sungai tersebut.

Namun sangat disayangkan, saat ini aliran sungai itu banyak dimanfaatkan berbagai perusahaan termasuk perusahaan air milik pemerintah Kabupaten Sumedang. Contohnya, pada musim kemarau petani dan warga banyak memanfaatkan air dari aliran Sungai Cimande. Bahkan para petanipun sangat ketergantungan terhadap sungai itu.

“Jika sungai itu banyak digunakan perusahaan tentunya akan mengalami penyusutan sehingga warga dan petani yang biasa menggunakan air tersebut tidak bisa leluasa menggunakanya karena debit air berkurang,” kata Jaelani kepada Jateks, kemarin.

Sebaiknya, pemerintah harus kembali mengevaluasi ijin pengambilan air yang bersumber dari Sungai Cimande karena saat ini masyarakat petani sangat membutuhkan air dari sungai itu.

“Air Sungai Cimande yang melintas wilayah Cimanggung masih belum tercemari limbah pabrik. Jadi sebaiknya pemerintah jangan segampang itu mengeluarkan ijin pengambilan air dari sungai Cimande,” ungkapnya.

Eksploitasi air sungai Cimande yang sudah berlangsung bertahun-tahun itu bisa memunculkan konflik kepentingan dengan kalangan petani. Pengambilan air secara terus-menerus dapat mengancam pasokan air untuk pengairan sawah.

“Dengan penghentian eksploitasi air sungai Cimande tersebut, diharapkan nantinya petani memperoleh banyak pasokan air untuk sawah-sawah mereka yang tidak hanya di Sumedang saja tetapi di Kabupaten Bandung karena sungai tersebut melintasi kabupaten lain,” tuturnya