Hewan Kurban Mulai Dipasarkan

by -9 views

Hewan Kurban Mulai Dipasarkan

Jatinangorku.com – Menghadapi Iduladha, jumlah hewan kurban yang diperjualbelikan akan mengalami peningkatan. Seperti di Pasar Hewan Tanjungsari sudah mulai terlihat banyak transaksi jual beli, baik yang dilakukan bandar maupun para petani.

Berdasarkan pantauan di lapangan, hewan kurban seperti sapi dan domba di Pasar Hewan Tanjungsari kini mengalami peningkatan. Jumlah sapi dan domba kian banyak dari mulai dini hari sampai siang terus berdatangan.

Menurut Aris (30), pengusaha sapi asal Dusun Karasak, Desa Sukarapih, peningkatan ada namun belum begitu signifikan. “Penjualan sapi saat ini masih biasa peningkatannya tidak terlalu signifikan, karena mungkin saja masih banyak yang memilih-milih untuk kurban nanti,” katanya kepada “GM”, Kamis (18/9).

Ia mengungkapkan, jual beli yang dilakukannya tidak hanya di pasar, tapi juga di kandang.

“Saya bawa sapi ke pasar tidak tentu, tapi kira-kira sekitar 20 ekor. Itu pun biasanya tidak laku semua, paling hanya setengahnya. Kami juga menjual sapi di kandang,” jelasnya.

Menurutnya, harga yang ditawarkan di pasar dan di kandang tidak jauh beda. “Mirip-mirip lah, mau dikandang ataupun di pasar kita jual sama saja,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli asal Bandung, H. Agus menuturkan, ia datang ke Pasar Hewan Tanjungsari untuk melihat-lihat harga pasaran sapi saat ini. “Lihat dulu perkembangan harga dan kesehatan sapi-sapi yang ada di sini (pasar hewan, red). Saya takut ada penyakitnya,” ujarnya.

Namun demikian, kata Agus, jika sudah pas ia akan membeli sapi untuk kurban di Bandung. “Jika ada yang cocok di sini, saya pasti beli di sini, tapi jika masih kurang pas mungkin nanti akan lihat-lihat ke kandang milik petani,” terangnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com