Hidup Sehat tanpa Begadang

by -18 views

Hidup Sehat tanpa Begadang

Jatinangor.com – Tidur merupakan hal yang sangat di butuhkan oleh manusia. Tidur juga berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh kita agar lebih Fit kembali. Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan adalah bangun di malam hari dan tidur di siang hari (seperti kelelawar). Memulai aktifitas Online menelusuri dunia maya, Ngeblog, Game Online.

BegadangWaktu tidur yang sehat selama 5-7 jam itu ternyata tidak dapat diganti dengan cara tidur di siang hari. Mengapa Allah menjadikan malam itu gelap dan siang itu terang, ya karena  di malam hari kita emang disuruh untuk istirahat tanpa aktifitas  (Nasihat Ibuku).

Dampak Kurang tidur (Sumber Kompas.com yang aku modifikasi)

1. Meningkatnya angka Kecelakaan

Kurang tidur akan mengakibatkan kita akan mengalami ngantuk berat disiang hari sehingga sewaktu mengendarai Mobil/Motor  rawan kecelakaan.

2. Konsentrasi Menurun

Ini benar banget, Akibat sering begadang, aku sering ketiduran sewaktu kuliah. Ilmu dari dosen gak ada satupun yang tertinggal di memoriku. sehingga sewaktu ujian kelabakan buat contekan akibatnya IPK pas-pasan buat makan. hehe

3.  Berbagai  Penyakit

* Penyakit jantung
* Serangan jantung
* Gagal jantung
* Detak jantung tidak teratur
* Tekanan darah tinggi
* Stroke
* Diabetes

4. Gendut (nah loe,,,koq bisa ya)

Biasanya kalo kita begadang pasti menyiapkan berbagai makanan , snack  dan minuman. Kalo yang hobby ngerokok mungkin  sebungkus bisa saja habis dalam sekejap…Penelitian terakhir terfokus pada hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan. Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin. Kurang tidur tak hanya merangsang nafsu makan. Hal ini juga merangsang hasrat menyantap makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat.

5. Cepat Tua

Nah…..nah yang ini benaran gak ya,,,

Biasanya kalo orang yang sering begadang maka dibawah matanya akan terlihat garis  hitam. coba deh perhatiin….Wajah pun terlihat capek dan letih….

Jujur Emang sulit untuk menghilangkan kebiasaan begadang. Aku baru bisa mengurangi kebiasaan begadang dengan Cara Olahraga bermain Futsal di sore hari, sehingga sewaktu malam tenaga udah letih dan capek sehingga Tidur menjadi lebih awal. Selain itu selalu mencoba untuk memahami bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya

Sumber : http://evrishare.wordpress.com