HIMPRO AGRI FAPERTA Universitas Padjadjaran Gelar “AGRIDAY 2012”

by -261 views


Agribisnis merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penanganan komoditas pertanian dari hulu sampai ke hilir. Kegiatan Agribisnis dan pertanian saling berhubungan dan saling menunjang satu sama lainnya. Berbagai usaha tentunya sangat diperlukan dalam pengembangan kegiatan agribisnis. Salah satunya dengan mengembangkan kreativitas dan inovasi. Kedua hal ini sangat diperlukan dalam pengembangan kegiatan Agribisnis.

Selain itu, adanya jiwa wirausaha pun diperlukan agar dapat mewujudkan ide kreatif dan juga inovatif. Karena, sebuah ide kreatif dan inovatif jika tidak diikuti dengan jiwa wirausaha, tidak akan menghasilkan sesuatu. Dengan kata lain, ide kreatif juga inovatif dan jiwa wirausaha memiliki keterkaitan yang erat.

Menghadapi perkembangan era dewasa ini, mahasiswa yang mendalami bidang Agribisnis tidak cukup hanya memperoleh ilmu saja. Maka, dengan latar belakang inilah, mahasiswa Agribisnis UNPAD dibimbing dan diarahkan untuk memiliki jiwa wirausaha melalui mata kuliah BEDP (Business and Enabling Environment Development Program).

Untuk merealisasikan business plan yang telah dirancang, maka mahasiswa Agribisnis 2009 melaksanakan sebuah perwujudan dalam memperkenalkan usaha baru yang telah dirintis melalui tahapan yang ditempuh dalam mata kuliah BEDP, yakni sebuah acara yang dinamakan AGRIDAY.

Diselenggarakannya acara AGRIDAY ini pada 21 Desember 2012 yang bertempat di Lapangan Kopma Unpad Jatinangor diharapkan sebagai kesempatan mahasiswa untuk menampilkan inovasi di bidang produk, jasa, kelembagaan, dan modal usaha. Dengan konsep adanya kehadiran investor yang bertujuan untuk memberikan stimulus kepada mahasiswa agar melanjutkan inovasinya, menjadi suatu hal yang nyata sehingga inovasi-inovasi tersebut akan terus dikembangkan.

Acara AGRIDAY ini pun sebagai ajang silaturahim bagi semua warga Sosial-Ekonomi Pertanian (Agribisnis), mahasiswa, dosen, dan para alumni. Selain itu, memberikan kesempatan pula bagi seluruh warga Sosial-Ekonomi Pertanian (Agribisnis) untuk unjuk seni dan kreativitas dalam rangka apresiasi seni. Selain itu, dengan adanya acara AGRIDAY ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi individu yang ingin berwirausaha.

Event ini sangat mendukung proses awal kita melangkah ke depan untuk masuk ke dalam dunia kerja, tentunya pada ajang potensial dan budaya yang selalu berkembang (secara global).

 

Nama acara        : AGRIDAY 2012

Tema acara         : Creativity Makes Inno-Passion Agriculture

Waktu acara       : 21 Desember 2012, pukul 14.00 WIB

Lokasi acara        : Lapangan Kopma, UNPAD Jatinangor

Konten acara     : Entrepreneur dan Pameran Inovasi Produk hasil mahasiswa Agribisnis