Ikan Endemis Waduk Jatigede Jadi Buruan

by -293 views

Jatinangorku.com – Belakangan ini, ikan endemis Waduk Jatigede Kab.Sumedang jenis lalawak dan tagih hasil tangkapan warga mulai diburu konsumen. Kondisi itu tidaklah berlebihan, karena kedua jenis ikan tersebut sudah lama terkenal dengan kelezatannya. Dan yang menjadi pembedanya, kedua jenis ikan itu hidup liar diperairan sungai.

“Dari dulu, saya sudah tahu dan pernah menikmati kelezatan ikan tagih dan lalawak. Hanya saja waktu itu, sangat sulit mendapatkannya. Hanya dibeberapa tempat saja di Sumedang yang menjual ikan tersebut, seperti di daerah Tomo. Itupun jumlahnya sangat terbatas, karena ikan itu didapat dari hasil menjala atau mancing, yang dilakukan warga setempat,” kata Dudu seorang warga Jatigede, Senin (22/2/2016).

Dikatakannya, ikan tersebut dibeli dari pemancing di perairan Waduk Jatigede. Itu pun jumlahnya hanya beberapa ekor saja. Sebab warga lain pun berebut dan menunggu hasil tangkapan warga, baik dengan cara dipancing atau dijala.

“Belinya satuan, tidak dikilo. Tapi karena memang saya, sudah cukup lama tidak makan ikan ini, makanya saya tidak perlu menawar harga. Apalagi ini kan jenis ikan yang tidak ada dipasaran. Jadi murah sajalah, Rp.100 ribu untuk 7 ekor ukuran ikan 5 jari,” ujarnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/