Iklan Jaman Dulu VS Iklan Jaman Sekarang

by -205 views

Iklan Jaman Dulu VS Iklan Jaman Sekarang

Jatinangorku.com – Setiap hari sembari menonton acara televisi favorit, tentu kita akan bertemu dengan iklan. Meski iklan digunakan untuk memperkenalkan suatu produk, namun tidak sedikit pembuat iklan yang ingin tayangan iklannya selalu diingat oleh penonton, sehingga mereka membuat iklan dengan cerita-cerita unik dari lucu hingga romantis. Tak lupa mereka menyertakan kalimat-kalimat yang menjadi trade mark bagi produk tersebut, sehingga sekalipun iklan tersebut sudah tidak ada lagi, masih banyak orang yang ingat dengan kalimat tersebut.

Iklan yang masih kita ingat mungkin adalah iklan-iklan di tahun 90-an. Saat itu banyak iklan unik yang membuat kita selalu ingat tidak hanya produknya, melainkan cerita iklannya. Nah, Vemale telah mengemas beberapa iklan yang pernah melejit di eranya dan mungkin Anda masih ingat dengan iklan-iklan berikut ini.

Iklan Pengharum Ruangan

Iklan pengharum ruangan ini berbeda antara versi dulu dan sekarang. Versi tahun 1995, iklan ini mengangkat cerita romantis tentang pria yang hanya membawa setangkai bunga untuk teman wanitanya. Namun berkat semprotan pengharum ruangan tersebut, bunga itu menjadi wangi. Berbeda dengan versi terbarunya yang lebih modern dan menekankan kemampuan pengharum ruangan untuk membunuh bakteri di udara.

Iklan Bayfresh 1995

Iklan Bay Fresh 2012

Iklan Mie Instant

Anda pasti suka dengan Indomie, merk mie instant yang banyak digemari ini memiliki metamorfosis iklan dengan tema yang tidak jauh berbeda. Mengisahkan bahwa Indomie adalah mie yang disukai seluruh keluarga Indonesia, dibuat dari berbagai bumbu alami dalam negeri dan menggambarkan alam Indonesia. Anda pasti masih ingat dengan jingle, “Indomie.. Seleraku..”

Iklan Indomie 1997

Iklan Indomie 2012

Iklan Kosmetik

Iklan kosmetik Viva jaman dulu ini menekankan lipstik merah yang dulu begitu booming. Tahun 80-90an memang menjadi jaman keemasan bagi berbagai warna lipstik tebal seperti merah dan ungu. Iklan Viva tahun 90-an ini mengambil tema surat cinta yang dibubuhi tanda cinta berupa kecupan sang wanita dengan bibir merahnya. Sedangkan iklan versi terbarunya lebih menggambarkan keceriaan seorang gadis dengan aneka warna produk Viva.

Iklan Viva 1990an 

Iklan Viva 2009

Iklan Minuman

“Jeruk kok minum jeruk?” Kalimat ini dilontarkan oleh Joshua untuk iklan produk minuman serbuk rasa jeruk Nutri Sari. Ternyata hingga Joshua dewasa pun, ia tetap didaulat untuk mengiklankan produk ini. Kali ini, iklan tersebut lebih banyak menggunakan efek khusus dan background musik yang lebih bersemangat. Wah, Anda suka versi yang mana, Ladies? 

Iklan Nutri Sari Joshua Kecil

Iklan Nutri Sari Joshua Dewasa

 

Iklan Air Mineral

Masihkah Anda ingat dengan iklan Aqua bertema orchestra yang memperkenalkan jingle musik Aqua? Meski jadul, iklan tersebut sangat melekat di benak penonton karena untaian musiknya yang megah. Iklan Aqua versi masa kini mengangkat tema mengenai keluarga Banyu yang membawa pesan agar kita mengonsumsi air putih untuk menjaga kesehatan.

Iklan Aqua tahun 90-an

Iklan Aqua 2012

Iklan Lotion Anti Nyamuk

Iklan lotion anti nyamuk ini di masa lalunya mengangkat tema pengantin Jawa. Di mana pengantin wanita seringkali menggunakan pakaian berupa kemben sehingga membuat bagian tubuh yang digigit nyamuk terlihat. Nah, di versi sekarang, iklan ini berubah menjadi iklan yang lebih modern, menunjukkan kepada penonton mengenai khasiat lotion anti nyamuk yang mampu menyejukkan kulit.

Iklan Autan tahun 90-an

Iklan Autan Baru

Iklan Kendaraan Bermotor

Mau iklan yang lebih jadul lagi? Ini dia, iklan Honda yang booming di jamannya. Dahulu iklan motor Honda mengusung penyanyi untuk membawakan jingle motor Honda. Mungkin di jaman sekarang, Anda akan tertawa geli melihat iklan jadul tersebut. Di tahun 2012, Honda menggandeng artis sekelas Agnes Monica untuk menjadi modelnya. Bahkan dengan iklan yang lebih canggih dan berkesan futuristik. 

Iklan Honda Jaman Dulu

Iklan Honda 2012

 

Iklan masa kini memang sudah dilengkapi dengan visual efek yang membuatnya nampak canggih dan modern. Jaman sekarang tak sedikit iklan yang lebih kreatif dari iklan masa lalu. Tentu saja karena jaman sudah berubah, orang-orang membutuhkan sajian yang lebih ringkas dan tidak bertele-tele. Namun ada juga yang menggunakan konsep cerita, dikemas dengan lagu dan konsep yang modern.

Tidak ada salahnya bernostalgia dengan iklan masa lalu. Ada yang masih ingat dengan iklan-iklan di atas,

Sumber : http://www.vemale.com/