Ikopin Jalin Kerja Sama dengan Universitas Terbuka

by -66 views

Ikopin Jalin Kerja Sama dengan Universitas Terbuka

Jatinangorku.com – Lembaga pendidikan Ikopin Jatinangor menjalin kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) di lingkungan Ikopin Jatinangor, Kab. Sumedang, Jumat (21/3) lalu. Kerja sama di antara sesama lembaga pendidikan itu diharapkan dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi kedua belah pihak.

Melalui kerja sama itu, mahasiswa UT bisa belajar tentang perkoperasian yang ada di lingkungan Ikopin. Sementara bagi Ikopin menjadi sebuah kehormatan. Sebab UT menawarkan kerja sama yang dapat menguntungkan kedua pihak.

Hal itu diungkapkan Rektor Ikopin Jatinangor, Prof. Dr. Burhanuddin Abdullah didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Koperasi (YKP), Dr. Ir. Muhammad Taufiq, M.Sc., usai penandatanganan nota kesepahaman antara UT dengan Ikopin di kampus Ikopin Jatinangor.

Menurut Burhanuddin, melalui kerjasama tersebut, para mahasiswa bisa meraih ijazah sarjana dari Ikopin dan UT.

“Sampai saat ini, UT belum memiliki jurusan koperasi. Sehingga, pembelajarannya bisa dilaksanakan dan bersama-sama di lingkungan kampus Ikopin,” katanya.

Metode pembelajaran, katanya, bisa dilaksanakan jarak jauh. “Artinya tak harus semua mahasiswa berada di dalam kampus Ikopin, misalnya metode pembelajarannya bisa melalui internet dan website,” terangnya.

Melalui pembelajaran itu pula, disebutkan, mereka akan mendapatkan modul-modul tentang perkoperasian.

Bangga

Di tempat sama, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.E.D., Ph.D. mengaku bangga bisa bekerja sama dengan Ikopin dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Kita sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menyediakan akses pendidikan. Untuk itu, kita harus bersinergi. UT tak akan berhasil tanpa peran mitra” tuturnya.

Lebih lanjut, Tian mengatakan, UT adalah minoritas yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Dalam penyelenggaraan pendidikannya, saat ini UT memiliki 550 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

Melihat catatan mahasiswa sebanyak itu, Tian mengatakan, cukup beralasan jika segala jenis aturan dan tata kelolanya harus diperjuangkan sendiri. Caranya dengan memperkenalkan UT ke lembaga pendidikan lainnya. “Kita pun selalu memberikan pemahaman kepada calon mahasiswa. Kuliah di UT bisa sambil bekerja dan terjangkau,” ujarnya.

Apalagi penyelenggaraan pendidikan di UT ini kepanjangan pemerintah dalam menyediakan akses pendidikan di semua bidang. Untuk itu, UT harus bersinergi dengan sejumlah pihak.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/