Iming-Iming Rp 1,4 M, Jabatan Kades Kian Diminati

by -9 views

Jatinangorku.com – Diduga karena adanya rencana kebijakan pemerintah pusat yang akan menggelontorkan bantuan dana ke tingkat pemerintah desa, menyebabkan jabatan kepala desa (kades) kian diminati.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, Minggu (16/11/14), trend minat menjadi kades, sesungguhnya sudah terjadi sejak beberapa tahun silam, sebelum Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, disahkan. Dalam salah satu klausulnya, mengatur anggaran untuk pemerintah desa. Kala itu, disebut-sebut, paling sedikit, setiap desa di Indonesia, akan mendapat angaran Rp.1,4 milyar.

“Memang benar. Belakangan ini, minat masyarakat, untuk menjadi kepala desa cukup meningkat. Indikasi itu, terlihat dari jumlah pendaftar, dalam setiap dibuka pencalonan kepala desa,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Kab.Sumedang, Drs. Endi Ruslan.

Menurutnya, masyarakat yang berpartisipasi dalam pencalonan kepala desa itu, berasal dari berbagai status sosial dan profesi. Bahkan dibeberapa desa diantaranya, ada juga calon yang berasal dari mantan anggota DPRD (dewan perwakilan rakyat daerah).

“Sungguh luar biasa. Sekarang jabatan kades, banyak diminati. Tentunya kondisi ini jauh berbeda dari 10 atau 15 tahun ke belakang. Ketika itu, pada waktu akan dilakasanakan pemilihan kades, panitia dibeberapa desa kesulitan untuk mendapatkan calon,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/