Indonesia Beli Perusahaan Sapi di Australia

by -30 views

Indonesia Beli Perusahaan Sapi di Australia

 Jatinangorku.com РUntuk mengatasi masalah pasokan daging sapi yang sering membelit, Indonesia menernakan sapi di atas lahan 1 juta hektare di Australia. Langkah ini akan segera dilakukan pemerintah dalam waktu dekat.

Keputusan tersebut diambil melalui rapat kabinet yang digelar Selasa (10/9). “Semalam kami rapat hingga larut. Dari rapat tersebut disepakati kita akan membeli perusahaan Australia untuk memelihara sapi di atas lahan 1 juta hektare,” ungkap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, pada acara Dies Natalis Universitas Padjadjaran ke-56 di Graha Sanusi, Jln. Dipati Ukur, Rabu (11/9).

Dahlan mengungkapkan, sapi-sapi milik Indonesia akan digembalakan secara liar di atas lahan tersebut. Sapi-sapi yang lahir di Australia, nantinya akan dikirim ke Indonesia untuk digemukan.

“Berdasarkan perhitungan, melahirkan sapi di Australia ternyata lebih murah lima kali lipat dibandingkan di Indonesia. Tetapi setelah 3 bulan lahir, akan dikirim ke Indonesia untuk dibesarkan. Karena biaya penggemukan di Indonesia ternyata lebih murah dibandingkan di Asutralia,” kata Dahlan.

Dahlan mengatakan, peternakan sapi secara liar sebenarnya telah dilakukan di Sumba Nusa Tenggara Timur. Lahan yang digunakan seluas 100.000 ha. Namun dalam perkembangannya terjadi penurunan gen. Karena sapi-sapi yang digembalakan ternyata melakukan inses (perkawinan dengan saudara, red).

“Mereka kawin dengan kakak, saudara, dan ibunya sendiri. Jadi ada penurunan gen. Di Australia, hal itu tidak terjadi” ujarnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com/