Indonesia Membutuhkan Presiden Inovator

by -9 views

Indonesia Membutuhkan Presiden Inovator

Jatinangorku.com – Presiden RI 2014-2019 mendatang harus menjadi presiden pendidikan dan inovasi. Pasalnya, pendidikan dan inovasi dianggap sebagai modal utama bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara lain.

“Mata uang yang bisa diterima di negara apa pun bukan dolar, yen, atau rupiah, tetapi skill. Oleh karena itu, presiden mendatang harus menjadi presiden pendidikan dan inovasi,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Pati Djalal dalam kuliah umumnya di Univeritas Pendidikan Indonesia, Senin (16/9).

Diungkapkan Dino, presiden sebelumnya selalu memiliki predikat. Soekarno disebutnya sebagai presiden proklamasi, Suharto (pembangunan), Megawati dan B.J. Habibie (reformasi), dan Susilo Bambang Yudhoyono (transisi). 

Menurutnya, pendidikan di Indonesia saat ini memang sudah lebih baik. Saat ini pemerintah telah mencanangkan pendidikan 12 tahun. Namun setelah lulus SMP untuk melanjutkan ke SMA, tingkat partisipasinya menjadi menurun. Bahkan setelah lulus SMA menuju perguruan tinggi lebih turun lagi angka partisipasinya.

“Secara de facto, peningkatan pendidikan kita sudah cukup signifikan. Tetapi tantangannya, kita harus menjamin akses dan kualitas yang bagi siswa seluruh rakyat Indonesia,” kata Dino yang kini tengah mengikuti Konvensi Partai Demokrat.

Disinggung keikutsertaannya pada Konvensi Partai Demokrat, Dino mengakui peluangnya untuk menang memang tidak terlalu besar. Namun, semua ini dilakukannya untuk mengobarkan nasionalisme Indonesia.

“Sebenarnya saya harus menanggung risiko keluar dari zona aman. Saat ini saya menjadi Duta Besar Indonesia di AS, sebuah jabatan yang tidak mudah untuk diperoleh,” lanjut Dino.

Sumber : http://klik-galamedia.com