Ini Dia Beragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

by -44 views

Ini Dia Beragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang selalu digunakan pada sebagian besar masakan di Indonesia. Bawang putih diperkirakan berasal dari Asia Tengah. Saat ini bawang putih telah dibudidayakan di seluruh dunia sebagai tanaman pangan, bumbu dapur dan untuk keperluan pengobatan. Tanaman bawang putih pada umumnya dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 600-1.100 m dpl dengan rata-rata curah hujan tahunan yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya berkisar 800-2.000 mm/tahun dengan suhu udara 15-20°C.

Bawang putih termasuk ke dalam marga Allium dan suku Amaryllidaceae. Nama ilmiah botani bawang putih adalah Allium sativum L., sedangkan nama sinonimnya adalah Porvium sativum Rehb. Di beberapa daerah/etnis di Indonesia, bawang putih memiliki nama yang berbeda-beda misalnya di daerah Sumatera dikenal dengan nama lasun (Gayo), palasuna (Batak) dan bawang putieh atau dasun (Minangkabau), sedangkan di Jawa dikenal dengan nama bawang bodas, bawang putih (Sunda), bawang (Jawa), bhabang pote (Madura).

Ini Dia Beragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Dalam Bahasa Inggris bawang putih dikenal dengan nama garlic, sedangkan di beberapa negara lain bawang putih mempunyai nama yang hampir sama seperti yang dikenal di Indonesia yaitu bawang putih (Malaysia), bawang (Filipina), galik (Papua Nugini).

Tanaman bawang putih berupa herba semusim, dengan tinggi 30-60 cm. Bagian tanaman yang digunakan adalah umbinya, yang berbau khas bila diremas. Aroma khas bawang putih tersebut berasal dari senyawa sulfur (belerang) yang terkandung dalam bawang putih. Salah satu senyawa sulfur tersebut adalah Aliin. Aliin sifatnya sangat mudah berubah menjadi Alisin ketika bawang putih segar dicincang, dipotong, maupun dikunyah secara langsung. Perubahan Aliin menjadi Alisin dibantu enzim khusus bernama Alinase. Alisin inilah yang bertanggungjawab pada bau dan cita rasa yang khas pada bawang putih.

Walaupun berbau sangat khas, namun bawang putih memiliki banyak khasiat. Bawang putih telah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit serta menjaga kondisi tubuh. Beberapa ramuan yang mengandung bawang putih sering dimanfaatkan baik dalam bentuk tunggal maupun campuran dengan tanaman lain oleh masyarakat maupun para pengobat tradisional di beberapa daerah serta kelompok etnik di Indonesia.

Pada umumnya manfaat atau kegunaan bawang putih untuk:

  • menurunkan kadar lemak darah,
  • meringankan tukak lambung,
  • menurunkan tekanan darah tinggi, gondokan, obat cacing, batuk, sesak napas, masuk angin, sakit kepala, sakit pinggang, bronkitis, asma dan salesma.

Pada saat ini, beberapa pemanfaatan tradisional tersebut telah dilakukan penelitian ilmiahnya berdasarkan uji praklinik dan diantaranya sampai ke tahap uji klinik.

Data saintifikasi khasiat atau aktivitas farmakologi bawang putih antara lain sebagai afrodisiaka, antiinflamasi, antelmintik, antiagregasi platelet, antihiperkolesterolemia, antihipertensi, antimikroba, mengatasi batuk dan sesak napas, antihiperglikemia (diabetes melitus), diuretik dan hepatoprotektor.

Penelitian mengenai ekstrak bawang putih dari berbagai pustaka diketahui ada beberapa tipe ekstrak seperti ekstrak air, etanol dan air-etanol. Pemilihan pelarut ekstraksi disarankan untuk disesuaikan dengan indikasi atau senyawa aktif yang diharapkan. Ekstrak bawang putih dapat dibuat dalam bentuk sediaan tablet dan kapsul untuk pemakaian secara oral dan salep untuk pemakaian secara topikal.

Penggunaan ekstrak sebagai bahan baku obat tradisional yang dilengkapi dengan penerapan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) lebih memudahkan standardisasi mutu dan kandungan komponen aktif. Mutu produk merupakan salah satu kunci sukses dalam memasuki era pasar bebas dan meningkatkan daya saing produk. Mutu produk dapat diwujudkan dalam bentuk standar mutu yang akan memacu produsen untuk bekerja lebih efisien, produktif dan transparan.

Dengan memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan dan dilakukan secara konsisten sehingga memiliki keunggulan kompetitif dengan proses yang efektif dan efisien.

Semoga artikel Ini Dia Beragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan bisa berguna bagi Anda. (*ff)

.

 

Baca juga Artikel Kesehatan Lainnya

Buku yang membahas tentang Jurus Sehat Rasulullah