Ini Dia Rencana Arak-arakan Rute Api PON XIX/2016

by -48 views

 

Sebelum dinyalakan di kaldron raksasa di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api, api PON XIX/2016 akan lebih dulu diarak keliling Jawa Barat. Api akan diarak ke 27 daerah setingkat kota maupun kabupaten dengan menempuh jarak sejauh 1005,4 kilometer terbagi dalam 108 etape.

Sesuai rencana, api PON akan diambil dari sumber api alam di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Pengambilan akan dilakukan tanggal 5 September, lalu diarak keliling Jawa Barat hingga sampai pembukaan PON di SU BLA, 17 September 2016 mendatang.

“Dari Indramayu, api PON akan diarak keliling Jabar. Rutenya menyusuri daerah pinggir di bagian selatan, lalu ke tengah, utara dan memutar hingga ke Kota Bandung,” tutur Ketua Umum PB PON XIX/2016, H. Ahmad Heryawan.

Sesuai etape yang telah ditentukan, dari Indramayu, api PON akan diarak menuju Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Lalu diarak kembali menuju wilayah selatan ke Ciamis, Banjar, Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya hingga Garut.

Rute berikutnya, Sumedang, Subang, Purwakarta, Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi. Dilanjutkan ke Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Cianjur.

Rute terakhir kemudian Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan berakhir di Kota Bandung. Di Kota Bandung, api PON yang dibawa oleh para atlit Jawa Barat, akan dibawa ke SU BLA dan untuk menyalakan kaldron saat acara pembukaan PON.