Ini Dia Tiga Sistem IT yang Diterapkan di Dinas PUPR Sumedang

by

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Sumedang sudah setahun terakhir menerapkan sistem informasi dan teknologi. Ketiga sistem itu, yakni Sipetarung (Sistem Informasi Penataan Ruang), Simdaltarung (Sistem Pengendalian Tata Ruang) dan Siap Tarung (Sistem Aplikasi Perencanaan Tata Ruang).

“Ada tiga sitem yang kini berjalan diantaranya pertama ada Sistem informasi penataan ruang( sipetarung) yaitu sistem aplikasi guna mengetahui pola ruang dalam rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sumedang,” ujar Kabid Tata Ruang padabDinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumedang, R. Sonny Nugraha pada Sumedang Online di Pameran IT Sumedang, Selasa, 30 Oktober 2018.

Selanjutnya, siap tarung yaitu sistem aplikasi guna mengetahui intensitas ruang, luas area, kemiringan lereng, ketinggian bangunan dikab smd.

Dan, letiga sistem pengendalian tata ruang (simdaltarung) yaitu sistem aplikasi pengendalian tata ruang di Kabupaten Sumedang.

“Maka dengan adanya ketiga sistem tersebut warga masyarakat bisa mengetahui Aplikasi ini fungsinya untuk mengetahui ketentuan intensitas pemanfaatan rusng seperti untuk mengetahui perhitungan koefesien dasar bangunan( kdb), koeefisien lantai bangunan (klb) koefisien daerah hijau (kdh) ketinggian bangunan,” tambahnya.

Adanya sistem itu dipastikan akan mempermudah pelayanan dan meningkatkan kinerja bidang serta dalm rangka pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat yang akan melakukan investasi dan pembangunan insfrastruktur. “Dengan adanya aplikasi ini diharapkan terciptanya ketertiban dan keindahan estetika pembangunan khusunya di Kabupaten Sumedang,” pungkas Sonny. [Iwan]

 

 

 

Sumber : https://www.sumedang.online