Ini Komentar MUI Soal Wacana Pembubaran HTI

by -51 views
Ini Komentar MUI Soal Wacana Pembubaran HTIKetua MUI Pusat, KH Ma’ruf Amin menilai, organi massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) layak untuk dibubarkan. Karena, menurutnya, organisasi keagamaan itu, saat ini tidak jelas komitmen kebangsaan dan kenegaraannya.
“Organisasi ini mengusung sistem khilafah. Kalau mereka (HTI) mengusung sistem khalifah berarti ormas ini bertabrakan dengan sistem pemerintahan Indonesia,” ujar Rais ‘Aam PBNU itu, saat berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (12/5).
Ma’ruf mengungkapkan, sesuai aturan yang berlaku‎ di Indonesia, semua organisasi harus mengacu pada sistem kenegaraan. Artinya, harus sesuai dengan pemerintahan kebangsaan dan kenegaraan yang ada. Tapi, menurut padangannya, HTI masih bercabang. Di satu sisi masih menerima pancasila, di sisi lain mereka mengembangkan sistem khilafah.
“Kalau HTI berniat mendirikan sistem pemerintahan sendiri (Khilafah) berarti mereka hendak mengubah sistem yang telah diberlakukan di Indonesia,” tegas dia.
Dia menambahkan, ada dua hal yang harus jadi perhatian negara. Pertama, pemerintah harus mengubah cara berpikir mereka. Kalau tidak, terpaksa organisasi ini harus dibubarkan
Memang, kata dia, upaya pembubaran sebuah organisasi ini tak semudah membalikan telapak tangan. Jadi, harus melalui proses pengadilan yang berlaku. Tapi, dia menilai, secara umum ‎mereka telah menjual khialaf. Dengan begitu, berarti mereka berniat mendegradasi sistem yang ada di NKRI.
“Kalau persoalan ini dibiarkan berlarut-larut, kemungkinan bisa lebih parah. Makanya, saya berharap pemerintah segera melakukan‎ dialog nasional,” tandasnya.