Inilah Asrama Menyedihkan Buruh Pabrik iPhone 5C di China

by -30 views

Inilah Asrama Menyedihkan Buruh Pabrik iPhone 5C di China

Jatinangorku.com – Beberapa pabrik pemasok produk-produk iPhone di China baru-baru ini dilaporkan tidak memberikan fasilitas yang layak bagi buruhnya. Selain jam kerja yang melebihi peraturan di China, asrama yang disediakan pihak manajemen pabrik juga jauh dari kata nyaman.

 
Dilansir dari laman businessinsider.com, sebuah institusi pekerja di China (China Labor Workers) belum lama ini melakukan investigasi dengan menyusupkan salah satu anggotanya sebagai pekerja. Lokasi penyelidikan antara lain di Jabil, Wuxi, dan tiga pabrik milik Pegatron Group.
 
Setelah melakukan penyelidikan selama tiga bulan, diketahui bahwa buruh iPhone bekerja selama 12 jam sehari dengan berdiri dan diselingi waktu istirahat yang hanya 30 menit saja, tetapi waktu istirahat itu kebanyakan digunakan untuk mengantri di bilik keamanan, sehingga rata-rata waktu istrirahat mereka hanya 5 menit saja.
 
Meski pihak pabrik menyediakan asrama bagi para buruhnya, tetapi asrama itu tak jauh dari sebuah kamar seukuran 3m x 5m dengan tiga kasur tingkat. Setiap kamarnya diisi oleh delapan hingga 12 buruh, sehingga mereka diharuskan berbagi kasur.
 
Kamar mandi dan tempat buang air juga tidak memadai, dua garasi terbuka dimanfaatkan sebagai kamar mandi, ini terlihat dari pemasangan lima shower dalam kamar mandi tersebut. dan sebanyak 120 pekerja juga harus berbagi 10 shower.
 
Para buruh iPhone di Shanghai pun digaji hanya USD80 hingga USD245 per bulan (Rp928.688 hingga Rp2,8 juta per bulan) di kota termahal di China itu, dimana rata-rata penghasilan warganya mencapai USD764 per bulan (Rp8,8 juta per bulan).
 
Pihak CLW sudah selesai membuat laporan disertai berencana memberikan laporan kepada pihak berwenang secepatnya.