Inilah Faktor Penyebab Bencana kata Deddy Mizwar

by -31 views

Masyarakat Jawa Barat harus mulai peduli terhadap daya dukung lingkungan sekitarnya agar mampu menjadi pemain global saat mendapatkan bonus demografi pada tahun 2020-2035 nanti.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, daya dukung lingkungan adalah faktor kunci keberlangsungan hidup manusia di masa mendatang. Sehingga akan mendukung laju perekonomian masyarakat ketika pertumbuhan manusia semakin tinggi dan pembangunan semakin pesat.

Deddy menjelaskan, banyaknya kejadian bencana di Provinsi Jawa Barat disebabkan karena kurangnya daya dukung lingkungan yang semakin menurun dari tahun ke tahun. Sehingga tidak lagi mampu menampung pertumbuhan manusia.

“Kita harus memperhatikan daya dukung agar tidak terus-menerus menangani bencana,” kata Deddy kepada wartawan di Bandung, Minggu (6/11/2016).

Dia melanjutkan, dengan daya dukung lingkungan yang baik maka Jawa Barat dan Indonesia akan mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pembangunan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

“Kita punya momentum yang sangat baik pada 2020-2035 yaitu bonus demografi. Indonesia bisa menjadi pemain dunia jika manusianya juga berkualitas,” jelas Deddy.

Untuk mewujudkan daya dukung lingkungan yang memadai, sambung Deddy, dibutuhkan kerjasama yang apik antara pemerintah dan masyarakat termasuk akademisi dan pebisnis untuk memperbaiki kondisi lingkungan.

Dia mencontohkan keberadaan Ecovillage Citarum merupakan salah satu bentuk perwujudan daya dukung lingkungan yang nyata terjadi di tengah-tengah masyarakat yang hidupnya berdampingan dengan salah satu sungai terpanjang di Indonesia itu.

Deddy optimistis keberadaan Ecovillage Citarum akan mampu menjadi inspirasi bagi daerah-daerah di Indonesia yang wilayah sering dilanda bencana alam seperti Jawa Barat.

“Kalau kita tidak melakukan perbaikan lingkungan, maka kita akan mewariskan kehancuran alam. Ini bukan sekadar dunia, tetapi juga akhirat. Luar biasa kesempatan bangsa Indonesia menjadi global player selama daya dukungnya memadai,” pungkas Deddy