Inilah Tanda-tanda Tubuh Mengalami Malnutrisi

by -12 views

Inilah Tanda-tanda Tubuh Mengalami Malnutrisi

Jatinangorku.com – Banyak orang mengabaikan masalah kesehatan yang terkesan bersifat ringan. Terutama masalah kesehatan gizi, atau dikenal dengan istilah malnutrisi. Dalamkamus kesehatan, malnutrisi adalah keadaan dimana terjadi ketidak seimbangan antara kebutuhan nutrisi dan dan asupan zat gizi esensial. Dimana tubuh mengalami kekurangan nutrisi ataupun kelebihan gizi.

Keadaan ini dapat disebabkan oleh diet yang tidak seimbang atau pola makan yang salah serta berasal dari asupan makanan yang dikonsumsi. Masalah kesehatan akibat malnutrisi ini tidak lansung muncul tiba-tiba, namun perlahan. Seperti dilansir dari Boldsky inilah beberapa tanda bahwa tubuh mengalami malnutrisi :

Kelelahan

Tanda paling umum bahwa seseorang mengalami malnutrisi adalah tubuh mudah sekali lelah. Merasa tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas bahkan untuk makan. Hal ini terjadi karena otot-otot tidak mendapatkan nutrisi penting untuk bekerja. Hasilnya tubuh merasa lelah dan kekurangan energi.

Tekanan darah rendah

Jika seseorang mengalami malnutrisi salah satu tandanya adalah selalu mengalami tekanan darah rendah. Hal ini terjadi karena tubuh kekuranfan karbohidrat dan lemak, yang menyebabkan kekurangan gula darah. Ketika gula darah menurun, tekanan darahpun ikut menurun.

Sakit kepala

Ketika tekanan darah turun, hal ini menyebabkan seseorang mudah mengalami sakit kepala, pusing, dan mudah mengomel. Selain itu sering makan makan berlemak dan juga junk food juga bisa memicu terjadinya sakit kepala.

Rambut rontok

Asupan nutirisi dan gizi yang baik membuatmu mempunyai rambut dan kulit yang sehat. Pola makan yang salah dan sering makan-makanan yang tidak bergizi membuat rambut lemah dan akar rambut tidak kuat. Kerontokan rambut yang sangat parah bisa jadi tanda anda mengalami malnutrisi.

Mudah marah

Masalah hormonal dapat terjadi karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi serta gizi yang tepat. Pengaruh hormon ini bisa menyebabkan wanita mudah mengalami mood swing. Dimana terjadi perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan mudah marah.

Menstruasi tidak teratur

Ketika tubuh tidak memiliki zat besi dan kalsium maka tubuh mulai melakukan proses menabung zat besi dan kalsium yang menyebabkan aliran darah menstruasi terhenti. Inilah salah satu alasan untuk para wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur.

Mudah memar

Kulit akan mudah memar dan terluka akibat dinding kapiler darah yang lemah. Hal ini terjadi karena jumlah trombosit darah yang menurun akibat kekurangan vitamin K dan folat dalam jumlah besar.

Sumber : http://id.she.yahoo.com/