IPDN Membuka Pendaftaran Praja

by -139 views

IPDN Membuka Pendaftaran Praja

Jatinangorku.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali membuka penerimaan calon praja tahun akademik 2014/2015, yang dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2012-2014. Pendaftaran mulai 23-29 Agustus 2014 di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Syarat utama pelamar adalah warga negara Indonesia dengan minimal usia pada tanggal 1 Desember 2014 berusia 16 tahun dan maksimal 21 tahun. Kemudian, pelamar memiliki nilai rata-rata ijazah/STTB SMA/SMK minimal 7.00,” terang Kabag Humas dan Protokol IPDN, Bisri melalui Kasubag Humas, Ervin Fahlevi kepada wartawan di Media Center IPDN, Jln. Ir Soekarno, Jatinangor, Senin (25/8).

Menurutnya para pendaftar sudah bisa memperoleh formulir dengan menghubungi kantor BKD Kabupaten/Kota masing-masing sesuai jadwal yang ditentukan. “Kami tidak menerima pendaftaran di IPDN, tetapi di kantor BKD biar lebih terorganisasi di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Dikatakan Ervin, khusus bagi pelamar pria, tinggi badan minimal 160 cm, sedangkan pelamar wanita harus memiliki tinggi badan 155 cm.

Para pelamar juga harus menandatangani perjanjian untuk mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah apabila mengundurkan diri, diberhentikan atau melanggar peraturan pendidikan. “Diberhentikan, bagi yang melakukan tindakan kriminal, mengonsumsi dan menjualbelikan narkoba, dan melakukan perkelahian. Syarat itu wajib sebagai syarat utama,” terangnya.

Jika syarat-syarat itu mampu dipenuhi dan pelamar lolos seleksi administrasi, katanya, maka tahap selanjutnya penyampaian daftar nominatif peserta yang memenuhi syarat administrasi dari Tim Penerimaan Kabupaten/Kota ke Tim Penerimaan Provinsi.

Tahapan selanjutnya, kata Ervin, pengumuman peserta yang memenuhi syarat administrasi untuk mengikuti tes psikologi dan tes integritas kejujuran. “Untuk tahap seleksi meliputi seleksi administrasi, tes psikologi, dan tes integritas kejujuran. Kemudian tes kesehatan, kesemaptaan, kompetensi dasar dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT),” tuturnya.

Ervin menyarankan agar pelamar berhati-hati terhadap oknum yang menawarkan jasa dan menjanjikan bisa meloloskan seleksi masuk IPDN dengan meminta imbalan uang.

“Panitia tidak memungut biaya sepeser pun alias gratis. Setiap tahapan dalam seleksi penerimaan calom Praja IPDN di bawah pengawasan KPK. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengakses situs resmi Kemendagri di www.kemendagri.go.id,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/