IPDN Siap Buka Program Doktor

by -14 views



JATINANGOR 9/9

Institut Pemerintahan Dalam Negeri tengah berancang-ancang untuk membuka program doktor ilmu pemerintahan yang terbuka untuk umum. Diharapkan program tersebut sudah berlangsung pada tahun 2012 ini. “Sampai sekarang sudah ada 67 nama yang mendaftar,” kata Rektor IPDN, Nyoman Sumaryadi, saat ditemui di kampus IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Proposal program doktor dari IPDN tengah diajukan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bila perizinan lancar, tahun ini sudah bisa beroperasi, atau paling lambat awal tahun 2013.

Menurut Nyoman, doktor program itu diharapkan memiliki kompetensi dalam menganalisa problem yang kerap dihadapi pemerintah daerah. Dengan demikian, studi mereka akan terkait otonomi daerah dan desentralisasi.

Selain membantu memberi masukan kepada Kementerian Dalam Negeri, studi mereka bisa digunakan untuk perbaikan kurikulum IPDN untuk menghasilkan pamong praja yang bisa menjawab permasalahan birokrasi di Indonesia saat ini.

Disinggung tentang 67 pendaftar, Nyoman bakal menyeleksi seluruh nama yang berminat. Dia mengharapkan peserta program ini tidak melampaui 100 orang agar bisa menghasilkan doktor ilmu pemerintahan yang berkualitas.

sumber : informasipendidikan