iPhone 5S Dibongkar, Reparasi Tergolong Mudah

by -35 views

iPhone 5S Dibongkar, Reparasi Tergolong Mudah

Jatianngorku.com – Sebuah situs yang biasa mengoprek perangkat mobile iFixit kembali melakukan pembedahan, pada produk Apple terbaru, iPhone 5S. Mereka ingin mengetahui langsung komponen apa saja yang mempersenjatai produk ini. Hasilnya perangkat ini tergolong mudah dalam resparasinya.

Dari hasil bongkar pasang, iFixit , menyimpulkan kalau iPhone 5S ternyata mudah untuk diperbaiki. Mereka memberikan angka perbaikan 6 dari skala 10. Semakin kecil nilainya, maka semakin mudah produk tersebut untuk diperbaiki.

Menurut mereka, layar dari produk tersebut tidak terlalu sulit diganti. Hal ini akan membantu para teknisi apabila layar mengalami kerusakan atau retak akibat terbentur. Tetapi memperbaiki panel layar akan menelan biaya yang cukup tinggi. Hal itu karena Apple menggabungkan kaca depan, digitizer, dan LCD dalam satu komponen.

“Seperti iPhone 5, panel layar adalah komponen pertama di luar ponsel, menyederhanakan pergantian layar,”  tulis iFixit.

Sedangkan, modul baterai juga sangat mudah untuk diakses. Apabila seseorang membuka casing dari iPhone 5S, maka ia akan langsung menemukan bagian tersebut. Meskipun begitu, pergantian baterai tampaknya akan sulit dilakukan. Apple merekatkan baterai tersebut ke bagian bodi cangkang iPhone 5S dengan cairan lem yang begitu banyak. Kemungkinan, hal ini dilakukan untuk mencegah baterai untuk bergerak dari posisi seharusnya.

Kelemahan lainnya, kabel sensor pemindai sidik jari menempel antara cangkang bagian depan dengan port komponen pada bagian cangkang bagian belakang. Jika pengguna membuka casing tidak hati-hati, maka hal tersebut dapat merobek kabel.

iPhone 5S sendiri masih relatif lebih sulit untuk diperbaiki dibandingkan iPhone generasi sebelumnya, iPhone 5 yang mendapat nilai perbaikan 7 oleh iFixit. Sebagai perbandingan dengan ponsel pintar lain, iFixit memberikan nilai perbaikan 8 dari 10 untuk Samsung Galaxy S4, dan HTC One mendapat nilai terburuk 1 dari 10.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/