Jabar Antisipasi Kekeringan

by -42 views
Jabar Antisipasi KekeringanGubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat dan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat untuk mengatur arus air di lapangan guna meminimalisasi dampak kekeringan pada aktifitas pertanian di Jawa Barat.
“Kita Instruksikan mengatur tata lalu lintas air, kalau dibagi bisa mengatur pembagian air,” ungkap dia saat ditemu usai menerima penghargaan Best Communicator, di Yogyakarta, Rabu (23/8/2017).
Terlebih lanjut Aher sapaan akrab gubernur, ada tim Mitra Cai, yang dengan sukarela mengatur lalu lintas air di lapangan. Yang jelas kata Aher, kekeringan di Jabar akan terus diupayakan tidak berdampak buruk bagi masyarakat Jabar.
Ditambahkannya, dengan hadirnya Waduk Jati Gede di Kabupaten Sumedang, pihaknya meyakini akan mampu membantu pasokan air, khususnya di sejumlah daerah di Jabar Utara, seperti Cirebon dan Indramayu.
“Jati Gede belum optimal, karena kalau debit air dipenuhi, ada jalan yang tergenang, sehingga memutus aktifitas masyarakat, nanti mungkin akan optimal saat waduk bisa dipenuhi debitnya sehingga berfungsi optimal, ” ungkapnya.
Sebelumnya, sejumlah daerah di Jawa Barat mengalami kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi. Hal tersebut mengakibatkan sejumlah lahan pertanian masyarakat mati dan terancam gagal panen.