Jabar Kekurangan 1.039 Penghulu

by -16 views

Jabar Kekurangan 1.039 Penghulu

Jatinangorku.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat hingga tahun 2013 ini kekurangan 1.039 penghulu. Mengingat jumlah yang ada pada 26 kab./kota sebanyak 1.425 penghulu, padahal idealnya dibutuhkan 2.464 penghulu.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, Dr. H.A. Sukandar, M.Ag. saat ditemui “GM” di ruang kerjanya, Jln. Sudirman Bandung, Senin (2/9).

Menurut Sukandar, para penghulu di seluruh Kemenag kota/kab. masih kurang. Setiap KUA yang ada di kecamatan hanya diisi satu atau dua penghulu. Padahal, idealnya setiap KUA memiliki minimal empat penghulu.

“Kita sering menerima keluhan dari KUA di daerah-daerah agar ada penambahan penghulu. Namun, keterbatasan dalam penerimaan PNS dari pusat sehingga sangat terbatas,” katanya.

Menurut Sukandar, keberadaan penghulu di daerah atau desa-desa jauh berbeda dengan di perkotaaan. Saat ini jumlah penghulu di setiap kecamatan hanya satu sampai dua orang. Sedanglan di perkotaan bisa mencapai empat orang sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih prima lagi.

Sementara Kepala Seksi Bimas Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, Drs. H. Mimin Sutisna, M.M.Pd.I. mengatakan, jumlah penghulu di Kota Bandung memang 85 orang dengan jumlah 30 KUA. Dan petugas pembantu pencatat nikah (P3N) sebanyak 190 orang.

“Bila dihitung rata-rata memang setiap KUA kekurangan penghulu mengingat sangat terbatasnya penerimaan penghulu oleh pemerintah,” katanya.

Pihak KUA senantiasa berupaya mengatur pelaksanaan nikah. Sedangkan setiap KUA yang melangsungkan pernikahan lebih dari 1.000 per tahun, idealnya memiliki empat penghulu atau lebih. Ini dibutuhkan terutama untuk mengakomodasi membeludaknya jumlah pasangan yang akan menikah .”Pada bulan Zulhijah, jumlah pernikahan biasanya meningkat dua sampai tiga kali lipat dibandingkan bulan biasa,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com