Jabar Paling Rawan Bencana di Indonesia

by -23 views

Jawa Barat menempati rangking pertama di Indonesia sebagai daerah paling rawan terjadinya bencana alam. Sebab hampir setiap daerah di Jabar memiliki potensi terjadinya bencana.

Dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat 19 di antaranya termasuk ketegori zona merah, yaitu paling tinggi tingkat rawan bencana alamnya.

“Sebenarnya kalau dari pemetaan dan rangking serta indikator lainnya, daerah paling rawan bencana itu bukan aceh, tapi Jawa Barat. Menempati rangking tertinggi, rawan bencana dan masuk sepuluh besar paling rawan di nasional,” Kata Kasubdit Penanganan Korban bencana alam Kemensos, Iyan Kusmandiana, di sela-sela acara simulasi Kampung Siaga Bencana (KSB) di alun-alun Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Sabtu 17 Desember 2016.

Dikatakannya, akhir-akhir ini di wilayah Jabar juga paling banyak kejadian bencana, dan frekuensinya menempati rangking pertama di Indonesia. Namun peristiwanya tidak sebesar kejadian yang menimpa Aceh, terutama Kabupaten Pidie Jaya dan Biereun yang terjadi pekan lalu.

Namun kejadian bencana bisa dimana saja, tak bisa diprediksi. Antisipasinya, tinggal bagaimana kecepatan dan kemampuan manusianya menyesuaikan dengan alam.

“Tak bisa hanya mengandalkan pemerintah, perlu peran aktif semua pihak. Keberadaan Tagana dan hadirnya KSB sangat penting, antisipasi menjadi lebih baik, menyiapkan masyarakat. Apalagi mereka yang paling pertama menghadapi saat bencana terjadi, sebelum bantuan dari luar datang. Upaya ini jadi lebih efeketif, banyak bukti dengan kesiapan masyarakat,” katanya