Jabar Sediakan Ratusan Bus Gratis untuk Mudik

by -15 views

Jabar Sediakan Ratusan Bus Gratis untuk Mudik

Jatinangorku.com – Pemerintah Provinsi Jabar berencana menyiapkan ratusan bus gratis untuk melayani masyarakat yang hendak pulang kampung atau mudik hari raya Lebaran keberbagai kota di Jawa dan Sumatera.

“Armada mudik gratis akan dipersiapkan dengan alokasi anggaran dari APBD,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar Dedi Taufik di Bandung.

Ia menuturkan Dinas Perhubungan telah menyiapkan pengadaan bantuan armada angkutan mudik lebaran berupa angkutan darat bus untuk tujuan wilayah Jawa dan Sumatera.

Armada yang disiapkan itu, kata Dedi, jumlahnya ratusan unit bus Damri yang dipastikan kondisinya layak jalan untuk mengangkut orang.

“Sekarang kita sedang melakukan penataan armada Damri yang akan dikerahkan sebanyak ratusan bus yang layak jalan,” kata Dedi.

Ia mengatakan program angkutan bus gratis itu akan segera disosialisasikan kepada masyarakat umum dan para pegawai perusahaan swasta di Jabar.

Ia berharap program tersebut dapat dibantu oleh perusahaan swasta dengan menyisihkan sebagaian dana CSR untuk menyediakan angkutan mudik gratis bagi karyawannya atau masyarakat umum.

“Di Jabar banyak perusahaan-perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang mencapai ratusan ribu orang, jadi diharapkan bisa menyisihkan sebagaian dana CSR-nya untuk menyediakan armada mudik,” katanya.

Selain menyiapkan armada mudik gratis, Dinas Perhubungan Jabar juga akan meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan kelayakan kondisi kendaraan umum angkutan orang yang beroperasi pada musim mudik Lebaran.

Persiapan lainnya yakni pengawalan dan pemetaan daerah rawan kemacetan, serta meninjau kondisi kelayakan jalan di jalur mudik wilayah Jabar.

“Upaya pengaturan lalu lintas akan diterapkan seperti tahun sebelumnya dengan metode rekayasa lalu intas menggunakan jalur alternatif dan sistem buka tutup,” kata Dedi

Sumber : http://www.inilahkoran.com/