Jabar Selatan Sulit Dibangun Tol

by -37 views

Jabar Selatan Sulit Dibangun Tol

Jatinangorku.com – Wilayah selatan Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang meliputi Kabupaten Garut, dinilai sangat sulit untuk dibangun jalur jalan tol dalam proses pengembangan infrastruktur. Paling tidak pengembangan infrastruktur di wilayah selatan dengan pelebaran jalan yang sudah ada.

“Wilayah selatan banyak terdapat pegunungan yang rawan longsor,” kata mantan Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf kepada wartawan di Nagreg, Kab. Bandung, Kamis (24/7/14).

Menurutnya, untuk pengembangan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah selatan itu bisa dengan cara melakukan sodetan atau pelurusan di jalur jalan yang berkelok-kelok.

“Kita berharap kepada pemerintahan baru fokus pada pembangunan jalur jalan di Jabar khususnya,” harap Dede. Berbeda dengan pembangunan jalan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kata Dede, tidak terlalu banyak pegunungan.

“Sementara di Jabar banyak pegunungan, sehingga pembangunan jalan banyak berkelok-kelok,” katanya.

Menurutnya, pengembangan pembangunan jalan di wilayah selatan bisa juga dilaksanakan. Yaitu dengan cara menembus gunung batu atau melakukan sodetan di bagian gunung.

Seperti halnya melakukan pembangunan jalan di kawasan Nagreg, dengan menghabiskan anggaran yang cukup besar.

“Dengan adanya pembangunan jalur Lingkar Nagreg, setiap Lebaran kemacetan kendaraan berkurang,” katanya.

Dede pun  menyinggung pembangunan jalan Tol Cisumdawu Kab. Sumedang. “Kita berharap pembangunan Tol Cisumdawu segera selesai. Supaya kendaraan yang melaju dari Cirebon ke arah Bandung atau sebaliknya bisa melintasi jalur tol,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan jalan tol dapat mengurangi beban kendaraan yang melintasi jalur Cadas Pangeran. Selain itu mengurangi kerusakan jalan di jalur lama.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/