Jabar Tambah 10 Ribu Hektare Lahan Kopi

by -18 views
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berjanji akan menambah 10 ribu Hektare lahan untuk ditanami kopi. Komoditas kopi dijabar menurutnya menjadi tanaman yang bernilai ekonomi dan juga bernilai konservasi.
“Kopi itu tanaman yang bagus, selain produksinya cepat, juga mempunyai manfaat konservasi untuk menahan erosi,” katanya.
Pada tahun lalu, pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan jabar membagikan dua juta pohon kopi dengan memakai lahan sekitar 10 ribu hektar. Dia menjelaskan tren produksi kopi di Jabar terus mengalami kenaikan. Ditambah pada November dan Desember tahun ini akan kembali membagikan pohon kopi.
“Insyaalah tahun depan itu panen kopi perdana, karena tahun sekarang kita bagikan pohon gratis lagi,” katanya.
Sementara itu Jabar tahun ini akan menambah kembali pohon kopi yang akan dibagikan sebanyak dua juta pohon, dan tahun depan akan dibagikan sebanyak 5 juta pohon, gunanya, menurut Aher agar produksi kopi di Jabar semakin meningkat.
Pohon kopi tersebut, nantinya akan di sebar ke seluruh kabupaten/kota di Jabar, sebab, menurutnya, komoditas kopi harus diproduksi diberbagai kabupaten/kota, sehingga akan meningkatkan kemampuan konsumsi masyarakat jabar terhadap kopi.
“Kita sudah punya sembilah daerah pegunungan penghasil kopi preanger, nah kita nanti tunggu jenis kopi-kopi lainnya,” jelasnya