Jabatan Rektor IPDN Jatinangor Diserahkan ke Prof Dr Murtir Jeddawi

by

INSTITUT Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar acara serah terima jabatan Rektor IPDN dari Prof. Dr. Ermaya Suradinata, S.H., M.H., M.S., kepada Prof Dr. Murtir Jeddawi, SH, M.Si., di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (4/12/2018) sore. 

Dalam acara serah terima jabatan itu dihadiri para pejabat di lingkungan Kampus IPDN dan ribuan Praja IPDN. Upacara serah terima jabatan itu,  Ermaya Suradinata bertindak sebagai inspekstur upacara. 

Sebelumnya, Murtir menjabat Dekan Fakultas Hukum Tata Pemerintahan IPDN Jatinangor. Sedangkan Ermaya Suradinata, usai menjabat Rektor IPDN, menempati posisi baru sebagai Guru Besar/Dosen Fungsional IPDN

Sebelum serah terima jabatan, Ermaya Suradinata telah mengabdikan diri sebagai Rektor IPDN terhitung sejak Tahun 2015 sampai 2018. 

Pelantikan Rektor IPDN sendiri dilaksanakan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Pada kesempatan itu turut dilaksanakan serah terima Ketua Unit Dharma Wanita Persatuan IPDN dari Nur’aini Ermaya Suradinata kepada Riani Murtir Jeddawi. Selain Rektor IPDN, Mendagri melantik pula Wakil Rektor I Dr. Deti Mulyati, SH., MH.CN, Plt. Wakil Rektor II Dr. Drs. Rizari, MBA., M.Si, Wakil Rektor III Dr. Hyronimus Rowa, M.Si dan Wakil Rektor IV Prof. Dr. H. Khasan Effendy, M.Pd. 

Hadir mengikuti prosesi serah terima jabatan Rektor IPDN yakni Para Wakil Rektor, Sekertaris Senat Institusi, Para Kepala Lembaga, Para Dekan Fakultas dan Wakil Dekan, Para Direktur Program dan Wakil Direktur, Para Direktur Kampus Daerah, Para Kepala Biro, Para Kepala Pusat, Para Kepala Bagian dan Kepala Subbagian, Para Ketua Komdis, Para Kepala Unit, Jajaran Kasat Pengasuh, Perwakilan Fungsional Dosen, Jajaran Pelatih dan Pengasuh, Para Dharma Wanita IPDN, Civitas Academika Lainnya serta Praja IPDN Kampus IPDN Jatinangor

Mantan Rektor IPDN Ermaya Suradinata mengaku, ia sebagai warga asli Jabar merasa bangga setelah dipercaya negara pimpin IPDN Jatinangor sejak 2015-2018 setelah menjadi PNS sejak 1972. 

“Pada akhir masa jabatan saya, saat ini selaku Guru Besar IPDN,” kata Ermaya kepada wartawan usai serah terima jabatan. 

Ermaya mengatakan, adanya serah terima jabatan Rektor IPDN ini untuk memberikan kesempatan dan ruang kepada generasi yang akan datang. 

“Menjadi pimpinan harus memiliki komitmen yang tinggi, dan integritas. Kebetulan, Rektor IPDN yang baru memiliki  integritas nasional, wawasan nasional. Apalagi sebelumnya, sudah menempati berbagai jabatan,” jelas Ermaya. 

Ia pun menyatakan, selama kepemimpinan dirinya, sudah banyak perubahan secara nyata yang dialami di lingkungan Kampus IPDN Jatinangor

“Di antaranya kedisiplinan praja, kaitan kedisiplinan pengasuh, dosen, dan melaksanakan pelatihan nyata yang dilaksanakan praja di lapangan,” ungkanya.

Ermaya menyebutkan, selama kepimpinan dirinya sudah membangun 115 rumah untuk masyarakat luas. “Ditambah pembangunan jembatan gantung, jembatan biasa, pengecoran jalan dan fasilitas umum lainnya. Karya nyata para praja itu dilaksanakan di batas wilayah, pedalaman, pegunungan maupun perkotaan. “Itu sudah kita wujudkan,” jelasnya. 

Ermaya berharap, sejumlah praktek atau kerja nyata unggulan itu, kedepannya bisa dilanjutkan dengan dipimpin Rektor IPDN yang baru. 

“Bagi saya, kesempatan saya menempati sebuah jabatan untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya. Dengan harapan, aktivitas saya bermanfaat bagi orang lain,” harapnya. 

Ia pun menempati Rektor IPDN sebelumnya setelah ditugaskan Presiden melalui Menteri Dalam Negeri RI. “Apalagi, status PNS saya adalah status PNS Kementerian Dalam Negeri,” katanya. 

Sementara itu, Rektor IPDN yang baru Murtir Jeddawi menyatakan, pihaknya akan melanjutkan progran yang sudah ada, yang sebelumnya dilaksanakan semasa kepemimpinan Rektor IPDN yang lama Ermaya Suradinata. 

“Intinya, akan melanjutkan dan meningkatkan program yang sudah ada. Kalau ada inovasi, nantinya dilaksanakan situasional,” kata Murtir kepada wartawan usai serah terima jabatan.

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com