Jadilah pamong praja yang mendengar suara rakyat, kata Wapres

by -33 views

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi ceramah umum kepada para lulusan dan calon pamong praja muda Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin.

Di hadapan ribuan mahasiswa IPDN tersebut, Wapres mengingatkan tugas utama pamong praja adalah untuk menjadi bagian dari pemersatu bangsa.

“Tugas pamong praja itu intinya adalah bagaimana anda semua menjadi bagian dari pemersatu bangsa, bagaimana anda menjadi pemimpin daerah yang demokratis, yang mendengarkan suara rakyat dan mempunyai akuntabilitas,” kata Wapres Jusuf Kalla di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Senin.

Wapres Kalla juga mengingatkan kepada para pamong praja, yang telah lulus studi di IPDN dan akan terjun ke dunia pemerintahan baik daerah dan pusat, untuk siap ditempatkan di daerah mana pun.

“Dengan lulus di sini, toh kemampuan pendidikan yang kalian terima sama semua. Salah satu upaya mempersatukan bangsa adalah anda semua dapat dan harus siap ditugaskan di wilayah mana pun di Republik ini,” katanya.

Sehingga, ke depannya, pamong praja asal daerah Aceh bisa bertugas di Papua dan begitu juga sebaliknya.

Apabila semua putra daerah kembali ke daerah asalnya, maka yang bisa terjadi adalah kelompok-kelompok suku daerah dan tidak terwujud Bhinneka Tunggal Ika.

“Kalau semua (lulusan) orang Sunda ditempatkan di Jawa Barat, orang Bugis di Sulawesi Selatan dan orang Padang di Sumatera Barat; maka hilanglah spirit kebangsaan kita. Oleh karena itu, saya minta Mendagri megaturnya supaya lulusan IPDN ditempatkan di daerah-daerah lain supaya lebih luas bangsa ini,” jelasnya.

Dalam memberikan kuliah umum tersebut, Wapres hadir dengan didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dan Rektor IPDN Ermaya Suradinata