Jalan Alternatif Kab Sumedang Minim PJU

by -28 views

Jatinangorku.com – Sejumlah ruas jalan alternatif di wilayah Kabupaten Sumedang minim penerangan jalan umum (PJU). Kondisi itu ditengarai akibat minimnya anggaran untuk pengadaan fasilitas umum tersebut. Menyikapi hal itu, Pemkab Sumedang melalui Dinas Pertambangan Sumber Daya Energi dan Pertanahan (DPSDEP), akan meminta bantuan anggaran ke Pemerintah Propinsi untuk melanjutkan program Sumedang Caang.

 

“Salah satu upaya untuk mewujudkan program Sumedang Caang, diantaranya dengan menambah sejumlah PJU di sepanjang ruas jalan yang ada di wilayah Sumedang. Namun karena pemerintah daerah memiliki keterbatasan anggaran, maka kami akan mengusulkan bantuan keuangan ke provinsi,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Energi, H. Nuryadin, kepada klik-galamedia.com, Senin (3/11/2014).

 

Nuryadin mencontohkan, beberapa ruas jalur yang diluar jalan Kabupaten diantaranya yakni jalur alternatif Citali -Selaawi, Selaawi -Tanjungsiang, dan Wado -Malangbong dan Cadas Pangeran Atas. Beberapa ruas jalan diatas merupakan priotitas, sebab jalur tersebut merupakan jalur hidup yang paling banyak dipakai, apalagi ketika musim mudik lebaran, sehingga perlu adanya penerangan jalan sebagai sarana penunjang keselamatan pengendara yang melintas.

 

“Kondisi medan jalan yang berkelok-kelok serta diapit jurang dan tebing, akan sangat berbahaya jika dilewati malam hari. Maka dari itu, ruas jalan dengan tingkat kerawanan yang tinggi, kita prioritaskan, untuk dipasangi PJU, ” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/