Jalan Menuju Venue PON Paralayang Masih Rusak

by -57 views

 

Jalan menuju Venue PON cabang paralayang dan gantole di Batudua, Gunung Lingga, Kecamatan Cisitu, masih rusak. Saat ini Pemkab Sumedang masih melaksanakan tender dan dikhawatirkan jalan sepanjang lebih dari 5 km itu belum tuntas saat pelaksanaan PON.

Apalagi KONI Sumedang menginginkan jalan menuju venue paralayang itu sudah beres Juli depan. Kondisi jalan ke Batudua dari jalan raya Sumedang-Darmaraja itu selain sempit juga rusak parah dan aspalnya terkelupas. “Saat rapat koordinasi dengan Sub Panitia Besar PON di Sumedang yang dikhawatirkan belum tuntasnya jalan menuju venue paralayang di Batuadua,” kata Ketua Komisi C DPRD, Nurdin Zen, Senin (23/5).

Rakor digelar diruang paripurna DPRD antara Sub PB PON dengan Komisi C DPRD. Kami ingin mengetahui kesiapan panitia di Sumedang dalam menghadapi PON karena Sumedang menjadi tuan rumah untuk empat cabang olahraga,” kata Nurdin.

Namun rakor yang dijawalkan waktunya oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora), Endah Kusyaman selaku Sekretaris Sub PB PON Sumedang malah tidak hadir. Ketidakhadiran sekretaris ini dikecam KONI Sumedang.

Dalam rakor juga terungkap pembangunan jalan menuju venue paralayang kemungkinan tidak tepat waktu. “Tadi ada keinginan dari KONI supaya Juli sudah tuntas karena sudahh banyak atlet paralayang yang datang dan akan latihan serta menjajal lokasi,” kata Nurdin.

Tapi keinginan itu sulit diwujudkan. Pasalnya sampai saat ini pembangunan jalan yang menelan biaya Rp 13,5 miliar itu masih dalam tahap lelang. Pembangunan jalan baru tuntas untuk ke venue gantole di Toga. “Saat ini mah lelang dan kalau harus tuntas pada Juli tidak bisa, dan mudah-mudahan September sudah tuntas,” kata Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Rochendi.
Kondisi jalan yang sempit hanya kan diperlebar di 1,2 km menuju ke puncak Batudua. Jalan yang kecil dengan tanjakan tajam ini diperlebar dua meter untuk sisi kiri kanannya.

Sumedang selain menjadi tuan rumah untuk cabang patalayang dan gantole juga untuk futsal, pencak silat dan golf. Futsal dan pencak silat dipusatkan di Kampus ITB Jatinangor