Jalan Raya Jatinangor Bakal Jadi Jalan Ir Soekarno

by -121 views



JATINANGOR 31/8

Sumedang – Jalan Raya Jatingangor di Kecamatan Jatinangor akan berganti nama dengan Jalan Ir. Soekarno. Perubahan nama ini dilatarbelakangi dari keinginan Pemkab Sumedang untuk mengubah beberapa nama jalan dengan nama pahlawan nasional.

“Rencananya Jalan raya Jatinangor akan berubah nama menjadi jalan Ir Soekarno, nama ini dipilih sebagai penghormatan kepada Soekarno yang turut berjasa di Jatinangor zaman dulu,” kata Bupati Sumedang Don Murdono di Gedung Negara, Kamis (30/8/2012).

Selain Jalan Raya Jatinangor, dua jalan lainnya yang akan diubah namanya adalah Jalan Raya Situraja menjadi Jalan Umar Wirahadikusumah serta Jalan Raya Ujungjaya menjadi Jalan Ali Sadikin.

Don mengatakan penamaan jalan-jalan tersebut merupakan bagian dari perhatian pemkab terhadap penghormatan kepada beliau-beliau yang berjasa. Penamaan tersebut kini tinggal menunggu surat keputusan Bupati yang rencananya akan segera diturunkan, meski Don belum bisa menyebutkan waktu pastinya.

“Tinggal menunggu surat keputusan bupati. Setelah surat keputusan diturunkan, baru nanti diresmikan. Surat keputusan tersebut akan segera dikeluarkan,” ujar Don yang menambahkan informasi mengenai perubahan nama jalan tersebut sudah disampaikan ke setiap kecamatan yang bersangkutan.

Sebagai informasi, Umar Wirahadikusumah dan Ali Sadikin adalah tokoh yang dilahirkan di Sumedang, Umar merupakan Wakil Presiden ke-4 periode 1983-1988. Sedangkan Ali Sadikin merupakan Gubernur Jakarta ke-9 (1966-1977), Menteri Perhubungan RI (1963-1966), dan sempat menjadi ketua PSSI ke-8 (1977-1981).[jul]

sumber : inilah-jabar