Jalan Raya Sumedang-Wado Tanggung Jawab Kementerian PU

by -24 views

Jatinangorku.com – GUBERNUR Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta pemerintah pusat (Kementerian PU-Perumahan Rakyat) untuk segera membangun jalan pengganti (Jalan Lingkar Jatigede) untuk Ruas Jalan Raya Sumedang-Wado yang terputus akibat genangan air Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang.

“Solusinya akan segera dibangun, karena tinggal 500 meter lagi jalan alternatif, dan tanggung jawab BBWS dan Kementerian PU-Pera. Kita tentu akan meminta pemerintah pusat untuk segera membangunnya,” kata Ahmad Heryawan, di Bandung, Selasa (16/02/2016).

Ia menuturkan rencananya, Rabu (17/02/2016), Satuan Manunggal Satu Atap (Samsat) Jatigede juga akan membahas pembangunan Jalan Lingkar Jatigede.

“Dan yang kedua ialah membahas masyarakat yang berhak tapi belum terdaftar. Itu masih ada 600-an KK. Insya Allah kita jamin akan diberi uang pengganti atau pembebasan lahan jika terbukti memang berhak,” kata dia.

Menurut Aher, sebenarnya Jalan Raya Sumedang-Wado tersebut masuk dalam wilayah yang akan tenggelam karena pembangunan Waduk Jatigede. “Tapi karena curah hujan tinggi akhirnya telah tergenang. Seharusnya jalan itu tergenang pada April nanti,” kata dia.

Sebelumnya, Ruas Jalan Raya Sumedang-Wado di Kampung Betok Munjul, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Senin (15/02/2016) yang akhirnya terputus akibat terendam genangan Waduk Jatigede.

Ketinggian air di sana diperkirakan mencapai 1,2 meter dan panjang jalan yang terendam 200 meter dan karena tak bisa dilewati kendaraan, ruas Jalan Sumedang-Wado ditutup dengan pemasangan plang di daerah perbatasan antara Wado dengan Malangbong Garut serta perbatasan Cileunyi-Sumedang.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/